ALIM, MIFTAHUL (2023) PERAN GURU PENGASUH DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DI LEMBAGA PENDIDIKAN BINA ISLAM TANAH GROGOT KALIMANTAN TIMUR. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100045_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100045_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
Abstract
Guru pengasuh bukan hanya memberikan materi pengajaran bagi peserta didik dalam pelaksanaan pendidikan karakter islami, tetapi juga mendorong peserta didik untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru pengasuh memegang peranan penting dalam pembentukan karakter islami di diri peserta didik. Sehingga harapan untuk menjadi generasi yang unggul secara pengetahuan dan karakter bisa terwujud. Penelitian dilaksanakan di Lembaga Pendidikan Bina Islam Tanah Grogot Kalimantan Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskiptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara dengan Pimpinan Pesantren Bina Islam, guru-guru pengasuh, serta ketua organisasi santri bina islam (OSBI). Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi, pengamatan, dan keikutsertaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pengasuh di dalam pelaksanaan pendidikan karakter islami memberikan peran yang besar, dan didalam memberikan perannya guru pengasuh juga menggunakan strategi-strategi yang bisa memaksimalkan peran guru pengasuh itu sendiri. Kata Kunci: peran, pendidikan, karakter islami, guru pengasuh, lembaga pendidikan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 02:41 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 02:41 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34204 |
Actions (login required)
View Item |