Hasna, Fathiyah (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PREDIKTOR SIKAP PEMBELAJARAN INTERPROFESI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KESEHATAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Kedokteran Umum_30102000070_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Kedokteran Umum_30102000070_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
Abstract
Interprofessional Education (IPE) penting untuk mempersiapkan tenaga kesehatan yang siap berkolaborasi untuk memberikan pelayanan kesehatan dengan kualitas tertinggi. Berbagai tantangan harus dihadapi untuk mewujudkan keberhasilan IPE. Sikap mahasiswa menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan IPE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor prediktor sikap mahasiswa program studi kesehatan terhadap IPE. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain cross sectional yang dilakukan terhadap mahasiswa kesehatan di Universitas Islam Sultan Agung Semarang yang mengikuti modul IPE gasal 2022/2023. Sikap terhadap pembelajaran IPE ditentukan dengan kuesioner Gunma University’s Attitude towards Interprofessional Education. Kuesioner tersebut dinyakatan valid dan reliabel dengan nilai validitas >0,2006 dan nilai Cronbach’s alpha 0,95. Identitas profesional ditentukan dengan kuesioner Adams. Beberapa faktor yang dapat menjadi prediktor sikap terhadap IPE dianalisis dalam penelitian ini. Faktor-faktor prediktor diketahui dengan analisis regresi logistik biner menggunakan IBM-SPSS 25. Sebanyak 694 mahasiswa menjadi subjek penelitian dan 297 (42,8%) mahasiswa memiliki sikap positif terhadap IPE. Identitas profesional, kepercayaan diri mengikuti IPE, masa studi, dan IPK merupakan faktor prediktor sikap terhadap IPE (p=0,000 aOR=3,102 CI95%=2,236-4,305; p=0,000 aOR=1,471 CI95%=1,190-1,819; p=0,002 aOR=1,689 CI95%=1,2092,359; p=0,012 aOR=1,499 CI95%=1,094-2,054). Identitas profesional merupakan faktor prediktor utama sikap terhadap IPE. Mahasiswa yang memiliki sikap positif terhadap IPE berjumlah lebih sedikit daripada mahasiswa yang memiliki sikap negatif. Identitas profesional, kepercayaan diri mengikuti IPE, masa studi, dan IPK merupakan faktor prediktor dari sikap terhadap IPE. Studi lebih lanjut dapat dilakukan untuk menjelaskan sikap negatif mahasiswa terhadap IPE untuk pelaksanaan IPE yang lebih baik. Kata Kunci: Interprofessional Education (IPE), Gunma University’s Attitude towards Interprofessional Education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 02:40 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 02:40 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34203 |
Actions (login required)
View Item |