SUPERVISI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS ADMINISTRASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NU AL HIDAYAH GETASRABI GEBOG KUDUS

RIDLWAN, MUHAMMAD (2024) SUPERVISI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS ADMINISTRASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NU AL HIDAYAH GETASRABI GEBOG KUDUS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100050_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100050_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)

Abstract

Pelaksanan administrasi di suatu sekolah adalah hal yang sangat penting, oleh karena itu pendidik dan tenaga kependidikan yag berada di Sekolah dituntut untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan berbagi aspek administrasi Sekolah tersebut. Namun, tidak semua Sekolah dapat melaksanakan manajemen sekolah atau Sekolah dengan baik, antara lain tentang pelaksanaan administrasi di madarasah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui supervisi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas administrasi guru Pendidikan agama. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitiannya adalah field research. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang akan digunakan peneliti dalam penelitian menggunakan Teknik interview ( wawancara ), Observasi, dan dokumentasi di SMK NU Alhidayah Getasrabi Gebog Kudus Tahun 2023/2024. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Supervisi manajerial adalah salah satu cara untuk mengatur dan mengelola pelaksanaan administrasi Sekolah, serta dapat meningkatkan kualitas administrasi guru. Kata Kunci: Supervisi Manajerial, Kualtas Administrasi, Guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 May 2024 06:41
Last Modified: 20 May 2024 06:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34200

Actions (login required)

View Item View Item