SAMANIAH, SAMANIAH (2024) PERAN PIMPINAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS NURUL HIDAYAH PENAJAM KALIMANTAN TIMUR. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100054_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100054_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
Abstract
Pondok pesantren Nurul Hidayah adalah sebuah Lembaga Pendidikan Formal yang berada di bawah naungan Yayasan Yabni Dinul Islam telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kurikulum Nasional yang diterapkan di madrasah dan kurikulum pondok pesantren yang telah disusun oleh pondok pesantren secara mandiri sesuai dengan ketetapan pemerintah. Secara umum jika dilihat dari sisi kepondok pesantrenan terdapat satu kesenjangan prestasi siswa antara madrasah dan pondok pesantren yang pada kenyataannya berada dalam satu naungan yang sama yaitu Yayasan Yabni Dinul Islam. Pada prakteknya masih terdapat kekurangan baik dari segi prestasi santri maupun kinerja guru dalam menyusun evaluasi, masih kurangnya tenaga guru atau tenaga pendidik yang dianggap profesional di bidangnya. Keberadaan seorang pimpinan juga menjadi salah satu penyebab keadaan di atas bisa terjadi. Peran seorang pimpinan jadi penentu seberapa besar kemungkinan tercapainya target yang direncanakan oleh satuan pendidikan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana peran pimpinan (pimpinan pondok dan kepala madrasah) dalam meningaktkan mutu Pendidikan di madrasah Tsanawiyah urul Hidayah Khususnya dan pondok pesantren Nurul Hidayah umumnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pimpinan, kamad, guru, TU. Metode pengumpulan data yg digunakan adalah pengamatan atau observasi, wawancara dan dkumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan Teknik trianggulasi sumber. Teknik analisis data, penyajian data dan verifikasi. Pertama Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Peran pimpinan dalam manajemen kurikulum di madrasah berbasis pesantren adalah sebagai manger, administrator, motor, pemimpin dan fungsinya sebagai intruksi, konsultasi, partisipasi, delegasi, pengendalian. Ke dua Tantangan dan hambatan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di madrasah berbasis pesantren adalah 1) jumlah tenaga pendidik yang masih kurang secara nominal juga tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang belum sesuai dengan profesional 2) Pembiayaan. Kata kunci : Peran Pimpinan, Mutu Pendidikan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 02:33 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 02:33 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34197 |
Actions (login required)
View Item |