MENANAMKAN NILAI RELIGI KEDISIPLINAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA MTS ANNIDHOMIYAH NU KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES

SODIKOH, SODIKOH (2024) MENANAMKAN NILAI RELIGI KEDISIPLINAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA MTS ANNIDHOMIYAH NU KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100061_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100061_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Agama merupakan sumber dari nilai religius dan mempunyai keterkaitan yang sangat erat untuk masuk kedalam jiwa seseorang. Untuk membentuk manusia yang agamis dan mempunyai nilai-nilai religius kedisplinan dalam dirinya diperlukan pendidikan yang terarah. Sebuah lembaga pendidikan hendaknya mengenalkan dan menanamkan tauhid atau akidah kepada peserta didik sebagai pondasi awal sebelum peserta didik mengenal banyaknya disiplin ilmu lainnya. Dengan begitu para guru umunya dan guru Matematika khususnya untuk berupaya menciptakan budaya religius dan meningkatkan potensi religius guna membentuk kepribadian peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertaqwa dan berakhlak. Pertanyaan dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Menanamkan Nilai Religi Kedisiplinan Melalui Pembelajaran Matematika Pada Materi Pola Bilangan Pada Siswa MTs Annidhomiyah NU Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Menanamkan Nilai Religi Kedisiplinan Melalui Pembelajaran Matematika Pada Materi Pola Bilangan Pada Siswa MTs Annidhomiyah NU Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes dilakukan dengan baik dan efektif dengan diterapkannya dalam kegiatan keseharian seperti membiasakan mengucapkan salam, berjabat tangan, santun dalam berbicara, sopan dalam bersikap, dan saling menghormati baik dengan guru maupun sesama teman. Kemudian keteladan dan kedisiplinan yang diberikan oleh semua warga sekolah. Pembelajaran Matematika dalam membangun nilai-nilai religius kedisiplinan peserta didik MTs Annidhomiyah NU Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes dilakukan dengan cara sistematik dengan menggunakan kurikulum 2013 dan sesuai dengan unsur- unsur pembelajaran. Dan pembelajaran intrakurikuler juga dilakukan dengan berpusat pada peserta didik dan dimaksimalkan pada aspek-aspek materi konseptual dan ilustrasi serta pemberian contoh-contoh yang kontekstual. Kemudian untuk pengamalannya dilakukan dengan penilaian sikap dan kontrol perkembangan sikap serta praktik-praktik keagamaan. Kata kunci: Pendidikan, Matematika, Nilai Religius, Pola Bilangan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jun 2024 01:56
Last Modified: 11 Jun 2024 01:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34189

Actions (login required)

View Item View Item