IKHTIAR GURU DALAM MEMBANGUN PERILAKU RELIGIUS SISWA DI MTS NEGERI 1 PASER DAN MTSN NEGERI 3 PASER

SISRIYANTO, SISRIYANTO (2023) IKHTIAR GURU DALAM MEMBANGUN PERILAKU RELIGIUS SISWA DI MTS NEGERI 1 PASER DAN MTSN NEGERI 3 PASER. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100062_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100062_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)

Abstract

Kata Kunci: Ikhtiar Guru, Membangun Perilaku Religius Siswa Penelitian Tesis ini dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan peneliti terhadap kondisi perilaku siswa di Kedua MTsN tersebut. Fenomena berlangsungnya perilaku religious siswa tersebut tentu tidak terlepas dari Ikhtiar guru dalam membangunnya yang di dukung dengan berbagai fasilitas di lingkungan Madrasah tersebut. Dalam hal ini peneliti melihat 3 fokus upaya yang dilakukan oleh guru. Fokus Penelitian dalam penelitian tesis ini adalah: (1) Bagaimana Ikhtiar Guru dalam membangun Pengetahuan moral (Moral Knowing) religius siswa di MTsN 1 Paser dan MTsN 3 Paser? (2) Bagaimana Ikhtiar Guru dalam membangun Perasaan moral (moral felling) religius siswa di MTsN 1 Paser dan MTsN 3 Paser? (3) Bagaimana ikhtiar Guru dalam membangun perbuatan moral (Moral Doing) religius siswa di MTsN 1 Paser dan MTsN 3 Paser? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, yang berlokasi di MTsN 1 Paser dan MTsN 3 Paser. sumber datanya didapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menyebutkan (1) Secara Garis besar ikhtiar dalam membangun perilaku religius ada dua hal yaitu dengan meberikan pembelajaran kepada siswa dengan mempertimbangkan minat belajar siswa, kemudian yang kedua yaitu dengan memanfaatkan lingkungan. (2) Dalam membangun perasaan moral siswa terkait dengan perilaku religius di dua sekolah tersebut di wujudkan dengan Membuat lingkungan sekolah yang religius dan melakukan Pembiasaan perilaku religius di sekolah. Selain dari kedua hal tersebut seorang Guru juga berupaya sebagai teladan di lingkungan sekolah. Sehingga hal tersebut secara tidak langsung menumbuhkan kemauan siswa untuk melakukan perilaku tersebut. Karena ada sosok inspirastor. (3) Ikhtiar dalam membangun perilaku tindakan moral ini dilakukan dengan Memberlakukan form control perilaku siswa, dengan seperti itu maka perilaku religius siswa akan berlangsng secara konsisten dan bisa di control dengan mudah. Produk tersebut berupa buku penghubung, yang akan memberikan control mengenai sholat yang dilakukan oleh siswa dirumah, KDS (kartu disiplin siswa), form penilaian diri, form penilaian antar teman, lembar observasi jurnal oleh guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:51
Last Modified: 05 Jun 2024 02:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34188

Actions (login required)

View Item View Item