HUBUNGAN ANTARA KADAR HEMOGLOBIN DAN LAMA MENJALANI HEMODIALISIS TERHADAP KUALITAS HIDUP PASIEN HEMODIALISIS Studi Observasional Terhadap Pasien Penyakit Ginjal Kronik (PGK) di RSI Sultan Agung Semarang

Nurmalita, Ar-Rahmah (2024) HUBUNGAN ANTARA KADAR HEMOGLOBIN DAN LAMA MENJALANI HEMODIALISIS TERHADAP KUALITAS HIDUP PASIEN HEMODIALISIS Studi Observasional Terhadap Pasien Penyakit Ginjal Kronik (PGK) di RSI Sultan Agung Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30102000030_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30102000030_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

Penyakit Ginjal Kronik (PGK) menyebabkan penurunan fungsi ginjal secara progresif dan membutuhkan terapi pengganti ginjal, salah satu terapi pengganti ginjal yaitu hemodialisis. Pelaksanaan terapi hemodialisis dalam jangka panjang menyebabkan beberapa perubahan dalam hidup pasien, baik pada domain fisik, psikis, relasi sosial, dan lingkungan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kadar hemoglobin dan lama menjalani hemodialisis terhadap kualitas hidup pasien. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional pada 79 pasien PGK yang menjalani hemodialisis di RSI Sultan Agung Semarang periode Februari 2024 dengan teknik total sampling. Data kadar hemoglobin diambil dari rekam medis pasien di Instalasi Hemodialisa dengan skala nominal, data lama menjalani hemodialisis diambil dari wawancara dengan skala nominal, dan penilaian kualitas hidup pasien diambil dari pengisian kuesioner WHOQOL-BREF data ini berskala ordinal. Hubungan antara kadar hemoglobin terhadap kualitas hidup pasien yaitu nilai p=0,245, dan hubungan lama menjalani HD dengan kualitas hidup mendapatkan nilai p=0,723. Variabel prediktor hanya berpengaruh sebesar 4,9% terhadap kualitas hidup, dan tidak dapat dimasukkan ke dalam persamaan regresi logistik multinomial karena nilai p>0,05. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kadar hemoglobin dan lama menjalani hemodialisis terhadap kualitas hidup pasien yaitu tidak memiliki korelasi yang bermakna. Kata kunci : Kadar Hemoglobin, Lama Hemodialisis, Kualitas Hidup, Penyakit Ginjal Kronik (PGK).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:58
Last Modified: 04 Jun 2024 03:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34173

Actions (login required)

View Item View Item