Ummah, Aini Ulfatul (2024) KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD N SINGOREJO DEMAK TAHUN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Agama Islam_31502000008_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31502000008_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
Abstract
Penelitian dilaksanakan untuk menggali informasi lebih lanjut mengenai kesiapan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam implementasi kurikulum merdeka belajar di SD N Singorejo Demak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Bagaimana kesiapan guru PAI dan Budi Pekerti dalam perencanaan pembelajaran implementasi kurikulum merdeka di SD N Singorejo Demak (2) Bagaiamana kesiapan guru PAI dan Budi Pekerti dalam pelaksanaan pembelajaran dengan implementasi kurikulum merdeka belajar di SD N Singorejo Demak (3) Bagaimana kesiapan guru PAI dan Budi Pekerti dalam assessment peserta didik dengan implementasi kurikulum merdeka di SD N Singorejo Demak. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data di proleh dari sumber data primer yaitu wawancara dan observasi, serta sumber data sekunder berupa dokumentasi. Diproleh kesimpulan bahwa kesiapan guru PAI dan Budi Pekerti dalam implementasi kurikulum merdeka belajar di SD N Singorejo Demak terbilang sangat siap dan secara umum dapat dikatakan: pertama, guru PAI dan Budi Pekerti telah memahami konsep tujuan kurikulum merdeka belajar yang dibuktikan dengan penyusunan modul ajar, alur tujuan pembelajaran (ATP) yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran (TP) sebagai perencanaan pembelajaran. meskipun terdapat hambatan karena kurang nya buku pendukung dan pelatihan, namun hal itu terus diupayakan oleh kepala sekolah untuk memenuhi kekurangan tersebut. Kedua, guru PAI dan Budi Pekerti SD N Singorejo Demak mampu melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan modul ajar yang telah disusun dengan pendekatan berdiferensiasi yaitu guru menyampaikan materi disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan gaya belajar masing-masing peserta didik. Ketiga, guru PAI dan Budi Pekerti telah melaksanakan penilaian atau assessment peserta didik yang sesuai dengan kurikulum merdeka belajar yaitu assessment dan assessment sumatif untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Kata Kunci: Kesiapan Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 May 2024 04:16 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 05:05 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34167 |
Actions (login required)
View Item |