EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DI MA MIFTAHUT THULLAB CENGKALSEWU SUKOLILO PATI

HIKMAH, ANNESSIA NURUL (2024) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DI MA MIFTAHUT THULLAB CENGKALSEWU SUKOLILO PATI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000020_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000020_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Efektivitas metode pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MA Miftahut Thullab Cengkalsewu Sukolilo Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research). Subjek utama dalam penelitian ini adalah peserta didik. Data-data tentang efektivitas metode pembelajaran SAVI terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di X di MA Miftahut Thullab Cengkalsewu Sukolilo Pati dikumpulkan dengan teknik utama adalah Angket. Teknik pengumpulan data pendukung lainnya dengan hasil pre test dan post test, uji asumsi klasik berupa uji homogenitas, dan uji analisis data berupa uji paired T test dan uji N Gain. Selain itu menggunakan angket yang dibagikan kepada peserta didik untuk menghasilkan data yang digunakan untuk menganalisis hasil kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sebuah pendekatan pengumpulan data penelitian yang berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan metode SAVI yang diterapkan pada siswa MA Miftahut Thullab Cengkalsewu Sukolilo Pati dilakukan dengan tiga kegiatan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan Pendahuluan fokus pada merangsang minat siswa, menciptakan suasana positif, dan menempatkan mereka dalam kondisi optimal. Kegiatan inti memperhatikan prinsip SAVI dengan melibatkan siswa dalam pengamatan fenomena sekitar, mengaitkan materi dengan kehidupan nyata. Kegiatan Penutup melibatkan siswa dalam menyusun aktivitas, mengelola waktu, dan menganalisis prioritas. (2) Metode Pembelajaran SAVI efektif dalam meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X Di MA Miftahut Thullab Cengkalsewu Sukolilo Pati daripada metode ceramah. Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan NGain dimana metode SAVI dalam kategori Sedang dan Metode Ceramah dalam kategori Rendah. Kata Kunci: Efektivitas, Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Metode SAVI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 May 2024 04:24
Last Modified: 17 May 2024 04:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34157

Actions (login required)

View Item View Item