HUBUNGAN ANTARA SEPTUM DEVIASI DENGAN TERJADINYA SINUSITIS Studi Analitik Observasional pada Pasien Sinusitis di RSI Sultan Agung Semarang periode 2022 – 2023

Shabrina, Adlina Ayu (2024) HUBUNGAN ANTARA SEPTUM DEVIASI DENGAN TERJADINYA SINUSITIS Studi Analitik Observasional pada Pasien Sinusitis di RSI Sultan Agung Semarang periode 2022 – 2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30102000005_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30102000005_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

Septum deviasi adalah kelainan anatomis pada area hidung yang merupakan faktor risiko utama terjadinya sinusitis. Septum deviasi merupakan pembengkokan septum nasi yang akan mengakibatkan sumbatan area KOM dan mengganggu sistem drainase sehingga terjadi sinusitis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan septum deviasi dengan terjadinya sinusitis di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan metode cross sectional. Sampel penelitian adalah pasien poli THT-KL yang menjalani pemeriksaan CT-Scan di instalasi Radiologi Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang, didapatkan sampel sebanyak 56 pasien yang telah melakukan CT-scan sinus paranasal. Data yang digunakan berupa rekam medik pasien di poli THT-KL dan hasil CT-Scan Sinus Paranasalis (SPN) yang ada di instalasi Radiologi Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang periode 2022 – 2023. Data dianalisa dengan uji chi square dan korelasi koefisien kontingensi. Uji statistik chi square didapatkan nilai p = 0,014 (p<0,05) serta uji korelasi koefisien kontingensi didapatkan nilai r = 0,326 artinya terdapat hubungan antara septum deviasi dengan keeratan hubungan cukup kuat. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Septum deviasi berhubungan dengan terjadinya sinusitis. Kata Kunci : Sinusitis, Septum deviasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 03 Jun 2024 02:23
Last Modified: 03 Jun 2024 02:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34151

Actions (login required)

View Item View Item