HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN DENGAN NILAI MODUL MAHASISWA Studi Observasional Analitik pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang Angkatan 2021

Aryati, Salsabila (2024) HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN DENGAN NILAI MODUL MAHASISWA Studi Observasional Analitik pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang Angkatan 2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30101900173_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30101900173_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Nilai modul merupakan nilai yang diperoleh dari ujian teori berupa MCQ (Multiple Choice Question) yang memiliki porsi besar dalam menentukan kelulusan. Pencapaian nilai modul dapat dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah tingkat kecemasan. Kecemasan saat ujian diketahui dapat menghambat fungsi kognitif yang berpengaruh pada performa ketika ujian sehingga dapat mempengaruhi hasil yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan terhadap nilai modul masalah kesehatan jiwa pada mahasiswa FK Unissula angkatan 2021. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain penelitian cross sectional yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung. Responden diminta untuk mengisi kuesioner Test Anxiety Questionnaire Nist and Diehl yang terdiri dari 10 pertanyaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji korelatif spearman untuk mengetahui kemaknaan dan kekuatan hubungan antara tingkat kecemasan dan nilai modul. Hasil penelitian dari 140 sampel didapatkan bahwa sebagian besar mahasiswa yang tidak cemas mendapatkan nilai baik dengan persentase 63,1%, mahasiswa yang cemas ringan mayoritas mendapatkan nilai cukup dengan persentase 36,2% dan mahasiswa yang cemas berat mayoritas mendapatkan nilai kurang dengan persentase 56%. Hasil dari uji analisa bivariat menggunakan uji korelatif spearman diperoleh p value 0,000 (p<0,05). Koefisien korelasi antara tingkat kecemasan dengan nilai modul adalah 0,391. Tingkat kecemasan secara signifikan mempengaruhi nilai modul masalah kesehatan jiwa pada mahasiswa FK UNISSULA angkatan 2021 dengan kekuatan korelasi yang lemah. Kata kunci : Tingkat kecemasan, Nilai modul, Mahasiswa kedokteran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:48
Last Modified: 05 Jun 2024 02:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34148

Actions (login required)

View Item View Item