HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN BALITA USIA 6-12 BULAN MENURUT KUESIONER PRA SKRINING PERKEMBANGAN (Studi Observasional di Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan)

Putri, Risca Anggita (2024) HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN BALITA USIA 6-12 BULAN MENURUT KUESIONER PRA SKRINING PERKEMBANGAN (Studi Observasional di Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30101800152_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30101800152_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)

Abstract

Perkembangan balita yakni pertambahan kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks secara teratur dan bisa diprediksi sebagai outcome dari proses maturasi sel-sel tubuh, jaringan tubuh, berbagai organ dan sistem organ. Perkembangan balita bisa diukur dengan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Salah satu faktor yang diduga berhubungan dengan gangguan perkembangan pada balita yakni status gizi. Tujuan dilakukan penelitian ini yakni untuk mengetahui hubungan status gizi dengan perkembangan balita usia 6-12 bulan. Metode yang digunakan yakni penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Sampel pada penelitian ini yakni balita berusia 6 – 12 bulan dengan jumlah 101 balita. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan sekaligus pengisian KPSP pada sampel penelitian. Hasil pegukuran dan pengisian kuesioner merupakan data primer yang dianalisis lebih lanjut dengan uji Fisher Exact Test sebagai alternatif uji Chi Square. Dari total 101 orang responden, didominasi dengan status gizi normal yaitu 83 orang dengan presentase 82,2%, begitu juga dengan kondisi perkembangan balita, jumlah paling banyak yaitu 80 balita dengan kondisi perkembangan yang sudah sesuai (79,2%) namun ditemukan angka tidak sedikit juga balita yang perkembangannya tidak sesuai, yaitu sebesar 14,9%. Kemudian, status gizi dan perkembangan balita pada uji Fisher Exact Test menghasilkan nilai � = 0,000. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka bisa disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara status gizi dengan perkembangan balita usia 6-12 bulan menurut Kuisioner Pra Skrinning Perkembangan. Kata Kunci: KPSP, Perkembangan Balita, Status Gizi Balita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 20 May 2024 06:48
Last Modified: 20 May 2024 06:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34145

Actions (login required)

View Item View Item