HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE TERHADAP KEJADIAN KEPUTIHAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN ASSHODIQIYAH SEMARANG

Sari, Devira Nathasya (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE TERHADAP KEJADIAN KEPUTIHAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN ASSHODIQIYAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
30902000070_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Kesehatan reproduksi ialah situasi makmur baik dan inklusif baik psikis, fisik atau sosial yang secara utuh serta menyeluruh dan tidak hanya serta – merta terbebas dari penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi. Masalah kesehatan reproduksi yang sudah lama menjadi permasalahan bagi seorang perempuan ialah kasus keputihan. Keputihan atau sering dikatakan dengan istilah vaginal dischargem/ white discharge/ flour albus/ leukore. Keputihan ini terjadi secara patologis maupun fisiologis. Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Cross Sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Jumlah repsonden sebanyak 120 orang dengan total sampling. Data yang diperoleh dioleh secara statistik dengan menggunakan rumus Spearman Rank. Hasil : Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 120 responden sebaian besar adalah sebagai mahasiswa sebanyak 54,2%. Hasil penelitian juga menunjukkan 84,2% responden memiliki pengetahuan baik, 10,8% responden memiliki pengetahuan cukup, dan 5,0% responden memiliki pengetahuan kurang. Sebanyak 70,0% responden memiliki perilaku personal hygiene yang baik, dan 30,0% responden memiliki perilaku personal hygiene yang kurang. Responden dengan keputihan normal sebanyak 83,3% dan responden dengan gejala keputihan tidak normal sebanyak 16,7%. Simpulan : Ada hubungan yang bermakna pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan perilaku personal hygiene terhadap kejadian keputihan pada santri di Pondok Pesantren Ashodiqiyah Semarang (p value < 0,05). Kata Kunci : Pengetahuan, Perilaku personal hygiene, Kejadian keputihan Daftar Pustaka : 41 (2016-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 31 May 2024 06:58
Last Modified: 31 May 2024 06:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34133

Actions (login required)

View Item View Item