IMPLEMENTASI PROGRAM ELEKTRONIK SIAP NIKAH DAN HAMIL (ELSIMIL) DALAM MENGURANGI ANGKA STUNTING DITINJAU DARI MAQASID SYARI’AH (Studi Kebijakan BKKBN di Kabupaten Wonogiri)

Lathifa, Risma (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM ELEKTRONIK SIAP NIKAH DAN HAMIL (ELSIMIL) DALAM MENGURANGI ANGKA STUNTING DITINJAU DARI MAQASID SYARI’AH (Studi Kebijakan BKKBN di Kabupaten Wonogiri). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30502000047_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30502000047_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)

Abstract

Perkawinan merupakan suatu akad perjanjian untuk melangsungkan hidup sebagai seorang suami dan isteri sesuai dengan ketentuan hukum dan agama. Salah satu permasalahan di Indonesia yang paling memprihatinkan adalah stunting. Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada seribu hari pertama. Maka, membuat BKKBN mengeluarkan program terbaru sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting yaitu program Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil). Elsimil adalah aplikasi skrining dan pendampingan bagi calon pengantin (Catin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program Elsimil dalam mengurangi angka stunting dan untuk menjelaskan bagaimana program Elsimil dalam meningkatkan kualitas keluarga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian, implementasi program Elsimil dalam mengurangi angka stunting di Kabupaten Wonogiri terbilang efektif. pelaksanaan program Elsimil dalam meningkatkan kualitas ulasan keluarga jika ditinjau dari tujuan muhafazah al aql (pemeliharaan akal) muhafazah al-Nafs (pemeliharaan jiwa) program Elsimil ini memberikan terobosan baru dalam program percepatan penurunan stunting di Kabupaten Wonogiri. Jika ditinjau dari tujuan muhafazah al-Nasl (pemeliharaan keturunan) program Elsimil ini dapat meningkatkan pertumbuhan kesehatan pada anak. Semakin tinggi kualitas keturunan maka akan semakin bagus kualitas keluarganya. Penelitian ini masih bisa digunakan untuk penelitian lanjutan, karena pelaksanaan program Elsimil dari tahun ke tahun akan terus mengalami perkembangan, sehingga datanya bisa berubah dan hasilnya juga akan berbeda. Kata Kunci: Pernikahan, Stunting, Keluarga Berkualitas, Elsimil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:13
Last Modified: 05 Jun 2024 02:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34125

Actions (login required)

View Item View Item