HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PEMBERIAN TUGAS KULIAH DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA FIK UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Soraya, Elina Laila Nila (2024) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PEMBERIAN TUGAS KULIAH DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA FIK UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
30902000082_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Mahasiswa dikenal erat kaitannya dengan tugas, mahasiswa yang tidak mengerjakan tugas cenderung mendapatkan nilai rendah. dalam pemberian tugas yang tidak sesuai porsinya memiliki sisi negative. Tugas yang terlalu banyak berpotensi membuat mahasiswa tertekan, selain itu tugas yang banyak dengan deadline yang cukup mepet membuat mahasiswa tertekan dan mengakibatkan setres terhadap banyaknya tugas yang diberikan. Stres yang dialami oleh mahasiswa atau pelajar karena adanya tuntutan akademik dinamakan dengan stres akademik. Stres akademik adalah stres yang dihadapi siswa atau siswa sebagai akibat dari tanggung jawab menempuh pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan antara intensitas pemberian tugas dengan tingkat stres padamahasiswa. Metode: penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan sample menggunakan metode purpusive sampling dengan jumlah populasi 239 tapi sudah diambil 10 responden untuk dilakukan studi pendahuluan sehingga sample yang digunakan 229 responden, uji statistic tersebut menggunkan uji chi- square. Hasil: karakteristik usia responden 20 tahun sebanyak 109 mahasiswa (74.7%) dan paling sedikit berusia 21 tahun sebanyak 13 mahasiswa (8.9%). Jenis kelamin perempuan sebanyak 132 orang (90.4%) dan berjenis kelamin laki-laki sebanyak 14 orang (9.6%). Hasil penelitian pada intensitas pemberian tugas banyak sebanyak 79 mahasiswa (54.1%) dan memiliki tingkat stres berat sebanyak 77 mahasiswa (52.7%). Setelah melakukan uji Chi-square dengan taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh bahwa p value= 0,000 yang berarti p value < 0,05 maka ada hubungan yang signifikan antara Intensitas pemberian tugas dengan tingkat stres pada mahasiswa fakultas ilmu keperawatan. Simpulan: Terdapat hubungan antara intensitas pemberian tugasdengan tingkat stres pada mahasiswa. Kata kunci: Intensitas pemberian tugas, Tingkat stres, Mahasiswa Daftar Pustaka: (2018-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 May 2024 04:04
Last Modified: 17 May 2024 04:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34123

Actions (login required)

View Item View Item