PENGARUH TERAPI RELIGI ASMAUL HUSNA TERHADAP TINGKATAN NYERI PADA PASIEN POST KEMOTERAPI CA SERVIKS DI RSUP Dr. KARIADI SEMARANG

ANGGRAENI, EVA MEILINA (2024) PENGARUH TERAPI RELIGI ASMAUL HUSNA TERHADAP TINGKATAN NYERI PADA PASIEN POST KEMOTERAPI CA SERVIKS DI RSUP Dr. KARIADI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
30902000088_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Kanker Serviks merupakan jenis kanker yang pada sel-sel yang melapisi leher rahim. Secara global kanker serviks menempati urutan keempat terbanyak pada wanita di dunia. Tingkat kematian yang tinggi dari kanker serviks secara global dapat dikurangi melalui pendekatan komprehensif yang mencakup pencegahan, diagnosis dini, skrining yang efektif dan program pengobatan. Faktor Resiko terjadinya kanker serviks adalah Human Papilloma Virus (HPV), merokok, hubungan seksual pertama dilakukan usia dini, berganti-ganti pasangan seksual, gangguan sistem kekebalan tubuh, pemakaian pil KB, infeksi herpes genitali. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi religi asmaul husna terhadap tingkatan nyeri pada pasien post kemoterapi ca serviks. Metode: penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif menggunakan rancangan quasi eksperimen. Sampel berjumlah 30 orang dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner NRS lalu dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Berdasarkan hasil analisa peroleh bahwa dari 30 responden penelitian, sebagian besar memiliki karakteristik umur 32 sampai 39 tahun, dengan karakteristik tingkat pendidikan sebagian besar berpendidikan SMA yaitu 46,7%, dengan karakteristik pekerjaan sebagian besar sebagai wiraswasta yaitu 36,7%, dengan karakteristik stadium kanker serviks sebagian besar stadium 3 yaitu 33,3%. Hasil penelitian juga menunjukkan 6,7% responden mengalami nyeri ringan, 33,3% mengalami nyeri sedang, dan 60,0% mengalami nyeri berat. Simpulan dan Saran: Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh terapi religi asmaul husna terhadap tingkatan nyeri pada pasien post kemoterapi ca serviks dengan p value = 0,000. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai data dan informasi dasar dalam melakukan penelitian lebih lanjut. Kata kunci: Nyeri, Terapi Religi Asmaul Husna, Kanker Serviks, Kemoterapi. Daftar Pustaka: 75 (2018-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2024 03:50
Last Modified: 29 May 2024 03:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34120

Actions (login required)

View Item View Item