COPING MECHANISM KELUARGA MATRIFOKAL DALAM UPAYA KETAHANAN KELUARGA (Studi Fenomenologi terhadap Keluarga Matrifokal di Desa Jambearum Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal)

Fiddini, Sukna (2024) COPING MECHANISM KELUARGA MATRIFOKAL DALAM UPAYA KETAHANAN KELUARGA (Studi Fenomenologi terhadap Keluarga Matrifokal di Desa Jambearum Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30502000066_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30502000066_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)

Abstract

Fenomena keluarga matrifokal tampak kurang didukung dengan stigma masyarakat. Fenomena ini banyak menimbulkan kemungkinan-kemungkinan permasalahan yang terjadi akibat pergeseran peran dalam keluarga tersebut. Dengan kemungkinan-kemungkinan tersebut menjadikan keluarga matrifokal rentan akan stres. Salah satu hal yang dapat dilakukan seseorang dalam menghadapi situasi stres yaitu dengan coping mechanism. Coping mechanism ialah suatu strategi yang digunakan seseorang ketika menghadapi suatu keadaan sulit berupa masalah maupun trauma tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui coping mechanism suami dan istri keluarga matrifokal dan tinjauannya secara maqashid syariah dalam mengurangi tingkat tekanan akibat perubahan peran. Penelitian ini dilakukan di Desa Jambearum Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal dengan 6 narasumber menggunakan metode deep interview dan observasi. Hasil penelitian menggunakan analisis data kualitatif dengan pendekatan fenomenologis menunjukkan bahwa pasangan suami-istri keluarga matrifokal menggunakan dua bentuk jenis coping, yaitu problem focused coping dan emotion focused coping. Coping mechanism yang dilakukan oleh anggota keluarga matrifokal di Desa Jambearum menurut tinjauan hukum Islam dinilai sesuai dan berkaitan dengan kulliyat khomsah atau maqashid al-syariah. Coping mechanism yang dilakukan oleh keluarga matrifokal memberikan dampak positif terhadap ketahanan keluarga sebagaimana tujuan pernikahan yaitu untuk membentuk ikatan yang mitsaqan ghalidzan. Sehingga dari penyelerasan antara coping mechanism dengan kulliyat khomsah ini melahirkan bentuk coping baru berupa religious focused coping. Kata kunci: Keluarga Matrifokal, Coping Mechanism, Maqashid al-Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 May 2024 09:37
Last Modified: 17 May 2024 09:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34111

Actions (login required)

View Item View Item