PENGARUH AROMATERAPI LAVENDER DAN RELAKSASI OTOT PROGRESIF TERHADAP MUAL DAN MUNTAH PADA PASIEN KANKER OVARIUM YANG MENJALANKAN KEMOTERAPI DI RSUP Dr. KARIADI SEMARANG

Faradhia, Gheffira Ummi (2024) PENGARUH AROMATERAPI LAVENDER DAN RELAKSASI OTOT PROGRESIF TERHADAP MUAL DAN MUNTAH PADA PASIEN KANKER OVARIUM YANG MENJALANKAN KEMOTERAPI DI RSUP Dr. KARIADI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
30902000104_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Kemoterapi merupakan salah satu pengobatan kanker ovarium untuk menghentikan perkembangan sel kanker yang mempunyai efek samping mual dan muntah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh aromaterapi lavender dan relaksasi otot progresif terhadap mual dan muntah pada pasien kanker ovarium yang menjalani kemoterapi di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Metode: Penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental desain dengan one group pre test and post test desain. dengan menggunakan rumus besar sampel dengan jumlah responden 24. pengumpulan data menggunakan kuesioner INVR. Data diambil sebelum dan sesudah diberikan intervensi kemudian diolah secara statistik menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Hasil penelitian untuk mengetahui pengaruh aromaterapi lavender dan relaksasi otot progresif terhadap mual dan muntah pada pasien kanker ovarium yang menjalani kemoterapi didapatkan nilai rata-rata p-value <,001 dengan tingkat kemaknaan α =<0,05. Karena nilai p-value <,001 <0,05 maka menolak HO dan menerima HA, yang berarti terdapat pengaruh aromaterapi lavender dan relaksasi otot progresif terhadap mual dan muntah pada pasien kanker ovarium yang menjalani kemoterapi. Kesimpulan: Ada pengaruh pemberian aromaterapi lavender dan relaksasi otot progresif terhadap mual muntah pada pasien kanker ovarium yang menjalani kemoterapi dengan p-value <,001 sehingga dapat diartikan bahwa ada pengaruh yang bermakna. Kata Kunci: Mual dan muntah, kemoterapi, aromaterapi lavender dan relaksasi otot progresif Daftar Pustaka: 59 (2018-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 May 2024 07:50
Last Modified: 30 May 2024 07:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34080

Actions (login required)

View Item View Item