ANALISIS POSTUR KERJA MENGGUNAKAN METODE QUICK EXPOSURE CHECK (QEC) DAN REBA (RAPID ENTIRE BODY ASSESSMET) PADA PROSES PRODUKSI PAVING (Studi Kasus Pada CV. Agung Mas)

AFFANDI, DIKA NUR (2024) ANALISIS POSTUR KERJA MENGGUNAKAN METODE QUICK EXPOSURE CHECK (QEC) DAN REBA (RAPID ENTIRE BODY ASSESSMET) PADA PROSES PRODUKSI PAVING (Studi Kasus Pada CV. Agung Mas). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Industri_31601900020_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900020_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

CV. Agung Mas merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi infrastruktur yaitu paving. Pada proses pembuatan paving CV. Agung Mas terdapat beberapa proses produksi yaitu mulai dari pencampuran bahan/mixing, pengepressan, penumpukan dan pengeringan. Rata-rata dari pekerja penumpukan dan pengeringan belum menggunakan alat bantu yang ergonomi untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dengan demikian perlu adanya perbaikan postur kerja untuk mengurangi keluhan rasa sakit yang dirasakan oleh pekerja sehingga dapat bekerja dengan lebih baik dan sesuai target yang dicapai. Berdasarkan pengolahan data menggunakan Metode QEC dan REBA, didapatkan hasil tindakan paling berbahaya yang diakibatkan postur kerja adalah pada stasiun kerja Penumpukan dan Pengeringan. Dimana pada stasiun penumpukan dan pengeringan memiliki level tindakan berdasarkan metode QEC (Exposure Level 83,51 % (Tindakan sekarang juga) dan metode REBA (Exposure Level 8/ Tindakan perbaikan diperlukan sesegera mungkin). Sehingga di lakukan usulan perbaikan berupa grobak Berdasarkan hasil simulasi perhitungan jika menerapkan rekomendasi maka didapatkan hasil yaitu menggunakan metode QEC (Exposure Level 43,18% (diperlukan perbaikan beberapa waktu kedepan) dan berdasarkan metode REBA dengan menggunakan alat bantu gerobak (Exposure Level 4/ diperlukan perbaikan kategori sedang). Kata Kunci: Musculoskeletal disorder (MSDs), Postur Kerja, Quick Exposure Checklist (QEC), Rapid Entire Body Assessment (REBA).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 30 May 2024 07:49
Last Modified: 30 May 2024 07:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34067

Actions (login required)

View Item View Item