PENGUKURAN KINERJA RANTAI PASOK DI PABRIK HASWA PLASTIK MENGGUNAKAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP).

BUDIONO, RIZKI (2023) PENGUKURAN KINERJA RANTAI PASOK DI PABRIK HASWA PLASTIK MENGGUNAKAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Industri_31601900067_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900067_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

Pabrik Haswa Plastik merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penggilingan sampah plastik dimana menghasilkan produk berupa biji plastik yang menerapkan sistem make to order berdasarkan permintaan konsumen. Pada sistem yang berjalan di perusahaan terdapat permasalahan keterlambatan pengiriman produk. Keterlambatan pengiriman barang dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti permasalahan pada bagian produksi, perencanaan produksi yang salah, permasalahan distribusi barang. Keterlambatan ini membuat perusahaan tidak dapat mengirimkan produk ke konsumen tepat waktu. Oleh karena itu, perusahaan melakukan pengukuran kinerja supply chain management (SCM) penilaian terhadap kinerja rantai pasok perusahaan harus dilakukan, guna mengetahui kinerja rantai pasok, mengidentifikasi permasalahan, dan mengidentifikasi perbaikan pada indikator tersebut. Metode Supply Chain Operation References (SCOR) dan Analytical Hirarchy Proccess (AHP) digunakan untuk melakukan pengukuran kinerja SCM. Dalam metode SCOR, seluruh proses utama diukur dari hulu hingga hilir. Pengukuran didasarkan pada lima proses utama dan dijelaskan oleh indikator kinerja utama yang dinyatakan sebagai atribut individual dan indikator kinerja utama. Selain itu, setiap indeks diberi bobot sesuai pada metode AHP. Dimana perhitungan menunjukkan hasil bahwa nilai kinerja total sebesar 94,87, yang menunjukkan bahwa kinerja Pabrik Haswa Plastik berada di atas rata-rata. Namun, terdapat 5 indikator kinerja yang perlu dilakukan perbaikan yaitu accuracy of raw material planning dengan nilai yang dicapai 88,18, on-time delivery performance of the provider dengan nilai sebesar 37, respect for the production schedule dengan nilai 86,73, nilai number of troublle machiines sebesar 82,14, dan on-time delivery performance of the organization nilai sebesar 12,5. Kata Kunci : AHP, Manajemen Rantai Pasokan, Pabrik Haswa Plastik, SCOR.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 03 Jun 2024 01:51
Last Modified: 03 Jun 2024 01:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34062

Actions (login required)

View Item View Item