SISTEM CHATBOT SEBAGAI LAYANAN TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNISSULA MENGGUNAKAN METODE BIDIRECTIONAL ENCODER REPRESENTATIONS FROM TRANSFORMERS (BERT)

WIHARTO, MOHAMMAD LUQI (2024) SISTEM CHATBOT SEBAGAI LAYANAN TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNISSULA MENGGUNAKAN METODE BIDIRECTIONAL ENCODER REPRESENTATIONS FROM TRANSFORMERS (BERT). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Informatika_32602000041_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Informatika_32602000041_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Di era digital saat ini, akses informasi yang cepat dan efisien sangatlah penting. Pelayanan berbasis Teknologi Informasi akan membuat pekerjaan lebih mudah dilakukan. Salah satu jenis inovasi teknologi layanan informasi adalah chatbot. Chatbot adalah salah satu contoh aplikasi yang menggunakan kecerdasan buatan (AI). Penggunaan chatbot di Indonesia masih tergolong rendah. Jumlah UMKM di Indonesia yang menggunakan chatbot hanya 15%, menurut survei Pancake. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah tugas akhir di UNISSULA khususnya Program Studi Teknik Informatika harus mengikuti banyak prosedur administratif. Buku panduan tugas akhir untuk teknik informatika pada dasarnya cukup lengkap Namun, mahasiswa membutuhkan waktu yang lama untuk memilih apa yang mereka butuhkan. Penulis menggunakan model BERT versi Indonesia yaitu IndoBERT. Dengan dikembangkannya sistem ini diharapkan akan tercipta sistem chatbot Sebagai layanan tugas akhir yang akan memudahkan pengguna khususnya mahasiswa Teknik Informatika UNISSULA untuk mendapatkan informasi terkait Tugas Akhir yang mampu berkomunikasi dengan user dan dapat menghasilkan performa yang baik dari hasil sistem chatbot menggunakan metode IndoBERT dengan sampel data dari dataset buku panduan Tugas Akhir Program Studi teknik Informatika UNISSULA. Keyword: Sistem chatbot, Teknologi informasi, Layanan tugas akhir, BERT, IndoBERT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 May 2024 03:26
Last Modified: 17 May 2024 03:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34037

Actions (login required)

View Item View Item