YULIASARI, DIAN ASRI (2023) PENGUKURAN KEPUASAN MAHASANTRI TERHADAP PESANTREN MAHASISWA UNISSULA BERBASIS ANALISIS SENTIMEN MENGGUNAKAN INDOBERT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Teknik Informatika_32602000120_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Teknik Informatika_32602000120_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
Abstract
Pesantren mahasiswa sultan agung (PESANMASA) adalah lembaga pendidikan tinggi yang dimiliki oleh Universitas Islam Sultan Agung. Sejak tahun 2022 PESANMASA merupakan program wajib bagi mahasiswa baru, sehingga PESANMASA berusaha sebaik mungkin agar menghasilkan pelayanan yang terbaik sehingga tidak adanya keluhan yang muncul dari mahasantri. Upaya yang dilakukan PESANMASA yaitu dengan menyiapkan fasilitas, sarana dan prasarana yang baik. Sehingga dalam tugas akhir ini, dibutuhkan analisis sentimen yang digunakan untuk memprediksi sentimen dari hasil ulasan kepuasan mahasantri terhadap pelayanan di PESANMASA dengan menggunakan model IndoBERT. Dari pemodelan yang sudah dilakukan, diperoleh hasil akurasi tertinggi yaitu sebesar 93%, presisi sebesar 98%, recall sebesar 93%, dan f1-score sebesar 95% pada dataset komunikasi. Sehingga artinya model tersebut menghasilkan performa yang baik. (Kata kunci: PESANMASA, Kepuasan, Analisis Sentimen, IndoBERT)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 May 2024 03:42 |
Last Modified: | 17 May 2024 03:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34031 |
Actions (login required)
View Item |