ANALISA PERBANDINGAN STRUKTUR PERENCANAAN PEMBANGUNAN JALAN BARU ANTARA PERKERASAN LENTUR, RIGID, DAN PAVING BLOK DI KAWASAN INDUSTRI KENDAL (KIK) (Studi Kasus: Jl. Wanamarta)

ROHMATTUN, SITI (2024) ANALISA PERBANDINGAN STRUKTUR PERENCANAAN PEMBANGUNAN JALAN BARU ANTARA PERKERASAN LENTUR, RIGID, DAN PAVING BLOK DI KAWASAN INDUSTRI KENDAL (KIK) (Studi Kasus: Jl. Wanamarta). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202100072_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202100072_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)

Abstract

Kawasan Industri Kendal (KIK) adalah kawasan pengembangan industri terbesar di Jawa Tengah luas 2.200 hektar. Luas dan strategisnya kawasan ini membuat banyak investor asing menanam modal. Karena pembangunan dan akses belum merata, sekarang ini masih banyak proses pengurugan lahan dan pembuatan jalan baru guna meningkatkan laju pertumbuhan industri didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan perkerasan lentur, rigid dan paving blok dari segi teknis, segi ekonomis dan lingkungan, serta mengetahui perkerasan mana yang cocok digunakan pada wilayah tersebut. Pada penelitian ini penulis menggunakan Metode Analisa Komponen untuk menentukan tebal perkerasan lentur dan Metode Direktorat Jenderal Bina Marga 1988 untuk tebal perkerasan rigid dan perkerasan paving blok. Hasil dari perhitungan tebal untuk perkerasan lentur didapat lapis permukaan tebal 5 cm, lapis pondasi atas 20 cm dan lapis pondasi bawah 10 cm, untuk rigid tebal pelat 25 cm dengan dowel Ө44 mm panjang 50 cm dengan jarak 30 cm dan tie bar dengan Ө20 mm panjang 84 cm dengan jarak 60 cm, sedangkan untuk paving blok diperoleh lapis permukaan 8 cm, bedding sand 5 cm, lapis pondasi atas 20 cm dan lapis pondasi bawah 10 cm. Perhitungan RAB pada perkerasan lentur sebesar Rp7.014.938.111, rigid sebesar Rp10.404.716.735 dan untuk perkerasan paving blok sebesar Rp5.118.558.786. Kondisi pada wilayah ini direkomendasikan untuk menggunakan perkerasan lentur dikarenakan masih dalam kategori jalan lokal sehingga beban muatan yang diterima tidak terlalu berat dan permukaan yang halus memberikan kenyamanan bagi pengendara yang melewati. Kata kunci: Jalan, Tebal Perkerasan, Rencana Anggara Biaya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 May 2024 03:23
Last Modified: 31 May 2024 03:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34026

Actions (login required)

View Item View Item