ANALISIS PERBANDINGAN PERKUATAN DINDING PENAHAN TANAH DENGAN SHEET PILE DAN GROUND ANCHOR (STUDI KASUS : JALAN BUKIT REGENCY GOMBEL GOLF KOTA SEMARANG)

MULYATI, ALIF SRI (2024) ANALISIS PERBANDINGAN PERKUATAN DINDING PENAHAN TANAH DENGAN SHEET PILE DAN GROUND ANCHOR (STUDI KASUS : JALAN BUKIT REGENCY GOMBEL GOLF KOTA SEMARANG). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202100009_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202100009_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)

Abstract

Tanah merupakan lapisan permukaan bumi yang sangat dinamis, perubahan tanah dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu udara, air, dan pergeseran lempeng bumi. Salah satu akibat dari perubahan tersebut adalah adanya lereng. Lereng adalah permukaan bumi yang membentuk sudut kemiringan tertentu dengan bidang horizontal. Lereng dapat mengalami pergeseran yang menyebabkan kelongsoran akibat berbagi pengaruh gaya-gaya yang ada dan membuat lereng menjadi tidak stabil. Upaya perkuatan pada lereng dilakukan agar dapat mencegah terjadinya bencana longsor, perlu dilakukan adanya upaya perkuatan pada lereng. Pada penelitian ini dilakukan perkuatan menggunakan Ground Anchor dan Sheet Pile. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari nilai safety factor stabilitas dinding penahan tanah sebelum dilakukan perkuatan dan setelah dilakukan perkuatan. Selain itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan perkuatan antara Ground Anchor dan sheet pile. Penelitian ini berlokasi pada jalan Bukit Regency Gombel Golf Kota Semarang. Metode analisis yang digunakan adalah mengumpulkan data-data lereng dan analisis kuantitatifkomparatif. Analisis dilakukan dengan memodelkan lereng eksisting, kemudian dilakukan analisis geostudio. Hasil dari analisis yang telah dilakukan didapatkan pada analisis menggunakan metode Hansen didapat nilai safety factor sebesar 0,958 segingga dinding penahan tanah tidak aman dan perlu perkuatan. Pada perkuatan menggunakan sheet pile didapat nilai safety factor sebesar 1,901 dan pada perkuatan Ground Anchor didapat safety factor sebesar 1,754. Sehingga pada penelitian perkuatan menggunakan sheet pile lebih baik digunakan. Kata kunci : DPT, Sheet Pile, Ground Anchor, Plaxis, Geosloop

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2024 03:54
Last Modified: 29 May 2024 03:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34024

Actions (login required)

View Item View Item