OPTIMALISASI MANAJEMEN PROYEK UNTUK KEBERHASILAN PELAKSANAAN PROYEK PELEBARAN JALAN (STUDI KASUS : PROYEK PELEBARAN JALAN PALIR S.D KALIANCAR DI NGALIYAN SEMARANG)

HAPSARI, INDRI BARIANTI (2024) OPTIMALISASI MANAJEMEN PROYEK UNTUK KEBERHASILAN PELAKSANAAN PROYEK PELEBARAN JALAN (STUDI KASUS : PROYEK PELEBARAN JALAN PALIR S.D KALIANCAR DI NGALIYAN SEMARANG). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202000036_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202000036_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)

Abstract

Demi kelancaran jalannya sebuah proyek dibutuhkan manajemen yang akan mengelola proyek dari awal hingga proyek berakhir, yakni manajemen proyek. Pada penelitian ini akan dicari strategi alternatif penanganan optimalisasi manajemen proyek yang dominan mempengaruhi pelaksanaan proyek pelebaran Jalan Palir Kaliancar Tahun Anggaran 2022. Tujuan dari penelitian ini antara lain yaitu mengetahui faktor-faktor penyebab keterlambatan pelaksanaan proyek pelebaran jalan Palir Kaliancar tidak tepat waktu dengan menggunakan metode SWOT. Mengetahui indikator SWOT yang paling berpengaruh terhadap keberhasilan dalam pelaksanaan proyek Pelebaran Jalan Palir Kaliancar Kota Semarang. Mencari strategi optimalisasi manajemen proyek yang mempengaruhi keberhasilan dalam pelaksanaan proyek Pelebaran Jalan Palir Kaliancar Kota Semarang dengan menggunakan metode SWOT Penelitian ini menggunakan metode SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats) dalam mengidentifikasikan berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan optimalisasi manajemen proyek yang dominan dalam pelaksanaan proyek Pelebaran Jalan Palir Kaliancar Tahun Anggaran 2022. Dengan melakukan studi literatur dan survey penelitian, pengumpulan data meliputi data primer dan data sekunder kemudian dilanjutkan pengolahan data. Pada hasil penelitian ini didapatkan faktor-faktor penyebab keterlambatan pelaksanaan proyek pelebaran jalan palir kaliancar diantaranya yaitu variabel yang terletak pada indikator ancaman sebanyak 5 dan kelemahan sebanyak 7. Indikator SWOT yang paling berpengaruh terhadap keberhasilan dalam pelaksanaan proyek Pelebaran Jalan Palir Kaliancar Kota Semarang yaitu variabel yang terletak pada indikator kekuatan sebanyak 7 dan Peluang sebanyak 16. Strategi optimalisasi manajemen proyek yang mempengaruhi keberhasilan dalam pelaksanaan proyek Pelebaran Jalan Palir Kaliancar Kota Semarang dengan menggunakan metode SWOT yaitu menggunakan strategi Progresif, artinya Keberhasilan Pelaksanaan Proyek Pelebaran Jalan Palir Kaliancar di Ngaliyan Kota Semarang dalam perencanaan yang tepat. Sehingga benar-benar dimungkinkan untuk terus menjalankan ekspansi, memperlancar perencaan yang ada dan tepat sesuai rencana. Kata Kunci : Optimalisasi Proyek, Metode SWOT, Palir Kaliancar, Keberhasilan Proyek

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2024 03:52
Last Modified: 29 May 2024 03:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34022

Actions (login required)

View Item View Item