WORK ENVIRONTMENT QUALITY TERHADAP JOB SATISFACTION PERAWAT DI PUSKESMAS BLUD SE KABUPATEN JEPARA DENGAN NURSE-NURSE COLLABORATION SEBAGAI VARIABLE MEDIASI

KUSUMADEWI, NUNING (2024) WORK ENVIRONTMENT QUALITY TERHADAP JOB SATISFACTION PERAWAT DI PUSKESMAS BLUD SE KABUPATEN JEPARA DENGAN NURSE-NURSE COLLABORATION SEBAGAI VARIABLE MEDIASI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200027_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200027_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kondisi lingkungan kerja perawat memengaruhi tingkat kepuasan kerja mereka. Kemudian, dengan upaya untuk mengisi celah pengetahuan dalam penelitian sebelumnya, studi ini mengusulkan nurse to nurse collaboration sebagai variabel mediasi yang diharapkan dapat mengisi kesenjangan antara hasil penelitian tentang peran kualitas lingkungan kerja dan dampaknya terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatif yang menguji hubungan antara variabel yang diuji, yaitu kualitas lingkungan kerja, nurse to nurse collaboration, dan kepuasan kerja. Populasi yang diteliti adalah seluruh perawat Puskesmas di Kabupaten Jepara dengan sampel sebanyak 105 responden yang dipilih secara purposive sampling. Pengukuran variabel penelitian menggunakan kuesioner personal dengan skala likert 1-5. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan kualitas lingkungan kerja berkorelasi positif dengan kepuasan kerja. Selain itu, peningkatan kolaborasi antar perawat juga berhubungan positif dengan kepuasan kerja. Kualitas lingkungan kerja yang lebih baik mendorong kolaborasi antar perawat, yang pada gilirannya meningkatkan kepuasan kerja mereka. Hasil ini menunjukkan bahwa kondisi lingkungan kerja yang baik, baik secara fisik maupun non-fisik, berperan penting dalam memfasilitasi atau menghambat kolaborasi antar perawat, yang kemudian memengaruhi kepuasan kerja mereka. Implikasi temuan ini dapat digunakan untuk mengembangkan teori dan kerangka konseptual yang lebih baik dalam memahami hubungan kompleks antara kondisi kerja, kolaborasi perawat, dan kepuasan kerja dalam konteks pelayanan kesehatan. Kata kunci : kualitas lingkungan kerja; nurse to nurse collaboration; kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 03 Jun 2024 01:42
Last Modified: 03 Jun 2024 01:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34015

Actions (login required)

View Item View Item