PERAN WORKPLACE SPIRITUALITY DAN ORGANIZATIONAL TRUST TERHADAP KINERJA KARYAWAN DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Andarista, Kirana Happy (2024) PERAN WORKPLACE SPIRITUALITY DAN ORGANIZATIONAL TRUST TERHADAP KINERJA KARYAWAN DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200050_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200050_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) yang bermutu ialah salah satu komponen krusial dalam berjalannya sebuah perusahaan. Maka dari itu, perhatian terhadap kualitas sumber daya manusianya (SDM) harus diperhatikan dengan baik, sehingga bisa menyampaikan output berupa kinerja yang optimal. Sumber Daya Manusia merupakan aset pada segala aspek pengelolaan terutama yang menyangkut eksistensi organiasi. Kepercayaan organisasi merupakan suatu harapan, asumsi, atau keyakinan tentang kemungkinan bahwa tindakan orang lain di masa depan akan bermanfaat, bermanfaat, atau setidaknya tidak merugikan kepentingannya sendiri. Keterlibatan karyawan merupakan gagasan tentang perilaku organisasi yang telah mendapatkan banyak pengakuan dalam beberapa tahun terakhir. opulasi dalam penelitian ini adalah seluruh Karyawan Tetap RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah di wilayah kabupaten Pati. Sampel yang diambil dari populasi tersebut harus representatif (mewakili). Dari hasil penelitian yang dilakukan pada karyawan RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati, bahwa workplace spirituality berpengaruh positif dan signifikan terhadap employee engagement. Artinya semakin tinggi workplace spirituality yang dimiliki para karyawan RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati maka employee engagement juga akan semakin meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran workplace spirituality dan employee engagement dan dari sudut pandang pengetahuan karyawan RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah di Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa workplace spirituality dapat mempengaruhi employee engagement. Hal ini terbukti bahwa semakin tinggi spiritualitas di tempat kerja dapat membangun keterikatan antar karyawan. Tingkat spiritualitas di tempat kerja dapat berkontribusi pada pembangunan keterikatan antar karyawan. Hal ini terbukti bahwa aspek spiritualitas dapat memberikan arti dan tujuan dalam pekerjaan karyawan. Karyawan yang melihat pekerjaan mereka sebagai sesuatu yang lebih besar dan bermakna cenderung lebih terlibat dan berkomitmen. Saat nilai-nilai ini diimplementasikan dengan konsisten, mereka dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap keterikatan dan kesejahteraan karyawan. Berdasarkan hasil analisis data melalui kuesioner kepada karyawan di RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah. Kata kunci : Rumah sakit, workplace spirituality, organizational trust, employee engagement, kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 30 May 2024 07:11
Last Modified: 30 May 2024 07:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34009

Actions (login required)

View Item View Item