PENGARUH PELAPORAN KEBERLANJUTAN TERHADAP HUBUNGAN FIRM SIZE, FIRM AGE DAN PENGUNGKAPAN SDGs (Studi Kasus Pada Perusahaan LQ45 di Indonesia)

Chafsya, Lathfia Arrosikha (2024) PENGARUH PELAPORAN KEBERLANJUTAN TERHADAP HUBUNGAN FIRM SIZE, FIRM AGE DAN PENGUNGKAPAN SDGs (Studi Kasus Pada Perusahaan LQ45 di Indonesia). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Akuntansi_21402200050_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Akuntansi_21402200050_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menyelidiki bagaimana perusahaan LQ45 di Indonesia dalam mendukung praktik keberlanjutan dengan melakukan pengungkapan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Metode yang digunakan adalah model regresi data panel: common effect, fixed effect, dan random effect. Dengan menggunakan 131 sampel unbalanced data panel dari tahun 2019 hingga 2022, penelitian ini menggunakan 17 tujuan SDGs yang dikembangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai indeks pengungkapan SDGs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan LQ45 di Indonesia lebih banyak memberikan kontribusi melalui aktivitas perusahaan yang sesuai dengan SDG 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi). Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengungkapan SDGs secara bertahap selama periode sampel penelitian. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa usia perusahaan dan pelaporan keberlanjutan memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan SDGs, sementara ukuran perusahaan tidak mempengaruhi pengungkapan SDGs. Penelitian ini memiliki implikasi penting mengingat kurangnya penelitian empiris mengenai SDGs di negara berkembang dan SDGs menjadi perhatian global beberapa tahun ini. Kata Kunci: Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Ukuran Perusahaan, Usia Perusahaan, Pelaporan Berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 22 May 2024 02:32
Last Modified: 22 May 2024 02:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34000

Actions (login required)

View Item View Item