PERAN AL-ADL FINANCING RISK MANAGEMENT: UPAYA PENINGKATAN MUDHARABAH FINANCING PERFORMANCE PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (LKMS) DI INDONESIA

JUMAIZI, JUMAIZI (2024) PERAN AL-ADL FINANCING RISK MANAGEMENT: UPAYA PENINGKATAN MUDHARABAH FINANCING PERFORMANCE PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (LKMS) DI INDONESIA. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10402000005_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10402000005_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)

Abstract

Lembaga Keuangan syariah mampu berkontribusi dalam memperkuat sistem keuangan. Keunggulan Lembaga Keuangan syariah mampu mengisi kesenjangan antara sektor moneter dan sektor riil melalui pembiayaan dengan skema Profit and Loss Sharing (PLS). Pembiayaan PLS ini mendorong produktivitas ekonomi karena modal tersalurkan ke sektor produktif. Para ahli ekonomi menyarankan penggunaan skema PLS dalam kontrak kemitraan yaitu Mudharabah atau trust financing karena dianggap lebih ideal. Namun Lembaga Keuangan syariah masih banyak ditemukan belum melakukan kontrak tersebut karena adanya hambatan seperti persyaratan hukum, risiko tinggi dan tingkat pengembalian. Tujuan penelitian ini untuk mengatasi hambatan dan tantangan dalam meningkatkan kinerja pembiayaan Mudharabah pada LKMS di Indonesia melalui peran Al-Adl Financing Risk Management. Penelitian ini bersifat explanatory research dengan menggunakan data primer dan sekunder. Responden penelitian seluruh LKMS (BMT anggota PBMTI) di Indonesia yang berjumlah 326, dan kami menyebarkan sebanyak 250 kuesioner di PBMTI terdapat 165 kuesioner yang kembali. Kemudian hasil data tersebut diseleksi kembali berdasarkan kreteria metode purposive sampling sehingga diperoleh 106 data BMT anggota PBMTI. Analisis data penelitian ini menggunakan The Structural Equation Modelling (SEM) dari Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini bahwa Al-Adl Identifying Financing Risk, Al-Adl Assessment Financing Risk, dan Al-Adl Monitoring Financing Risk memiliki peran penting dalam meningkatkan Mudharabah Financing Performance. Islamic Risk Governance ditemukan memiliki peran penting dalam meningkatkan Mudharabah Financing Performance. Hasil lebih lanjut menyatakan Islamic Risk Governance memoderasi pengaruh Al- Adl Identifying Financing Risk terhadap Mudharabah Financing Performance. Namun Islamic Risk Governance tidak memoderasi pengaruh Al-Adl Assessment Financing Risk dan Al-Adl Monitoring Financing Risk terhadap Mudharabah Financing Performance. Diharapkan kontribusi Al-adl identifying financing risk, al-adl assessment financing risk, dan al-adl monitoring financing risk memberikan pemahaman bahwa financing risk management yang menerapkan asas keadilan dapat meningkatkan keberhasilan Mudharabah Financing Performance. Sedangkan konsep Islamic Risk Governance diharapkan mampu memastikan bahwa operasi LKMS sesuai dengan syariah dan tidak melanggar hak - hak pihak terkait.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Program Doktor Ilmu Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 28 May 2024 02:30
Last Modified: 28 May 2024 02:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33991

Actions (login required)

View Item View Item