ANALISIS PENDAPATAN PAJAK DAERAH, PENDAPATAN RETRIBUSI DAERAH, HASIL KEKAYAAN DAERAH YANG DIPISAHKAN, DAN PENDAPATAN DAERAH LAIN-LAIN YANG SAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH

Murdianto, Muhammad Maulana Iqbal (2023) ANALISIS PENDAPATAN PAJAK DAERAH, PENDAPATAN RETRIBUSI DAERAH, HASIL KEKAYAAN DAERAH YANG DIPISAHKAN, DAN PENDAPATAN DAERAH LAIN-LAIN YANG SAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31401900107_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900107_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)

Abstract

Pendapatan asli daerah adalah hak pemerintah daerah yang diakui sebagai penambah nilai kekayaan bersih yang diperoleh dari Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Peengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan serta Lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang Sah, sebagaimana yang tercantum UU Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Adanya Pendapatan Asli Daerah merupakan penerimaan bagi Pemerintah Daerah untuk dilaksanakannya pembangunan daerah guna pelaksanaan kewenangan otonomi daerah yang telah diberikan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang penjabarannya lebih fokus pada data angka yang diolah dengan menggunakan metode statistika. Populasi dari penelitian ini yaitu Laporan Realisasi Anggaran Kabupaten/Kota se Jawa Tengah periode 2019-2021 yang di dapat melalui web Badan Pusat Pusat Statistik Jawa Tengah. Teknik analisis data menggunakan Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Regresi Linear Berganda. Uji Asumsi Klasik menggunakan Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Autokorelasi, dan Uji Heteroskedastisitas. Uji Kelayakan Model menggunakan Koefisien Determinasi (R2) dan Uji Simultan (F). Uji Hipotesis menggunakan Uji Parsial (t) dengan bantuan IBM SPSS Statistik 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Kekayaan Daerah yang Dipisahkan, dan Pendapatan Lain-Lain yang Sah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah. Hasil uji normalitas dari data yang diolah menunjukkan bahwa data berdistribusi tidak normal, sehingga data yang tersebut perlu dinormalkan. Dalam penelitian ini, digunakan metode akar kuadrat untuk menormalkan data tersebut. Hasil Uji Kelayakan Model melalui uji koefisien determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 99% yang berarti bahwa ada faktor lain diluar variabel sebesar 1% yang mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah. Kata Kunci : Pendapatan Asli Daerah, Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Kekayaan Daerah yang Dipisahkan, Pendapatan Lain-Lain yang Sah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2024 02:44
Last Modified: 16 May 2024 02:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33977

Actions (login required)

View Item View Item