PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEPEMILIKAN SAHAM TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CSR SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Maknun, Luluil (2024) PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEPEMILIKAN SAHAM TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CSR SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31401900093_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900093_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan kepemilikan saham terhadap nilai perusahaan serta mendeskripsikan pengaruh variabel CSR memoderasi hubungan profitabilitas, ukuran perusahaan, dan kepemilikan salam terhadap nilai perusahaan. Populasi yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Perusahaan sektor industri barang konsumsi yang tidak mengalami laba negatif dalam kurun waktu 2018-2022. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 27 sampel. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan tahunan. Metode analisis data menggunakan Uji Asumsi Klasik (yang terdiri dari Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Autokorelasi, dan Uji Multikolinearitas), Uji Moderated Regression Analysis (MRA), Uji Hipotesis, Uji t (parsial). Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa pertama: profitabilitas terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan artinya semakin besar profitabilitas suatu perusahaan maka semakin besar pula nilai perusahaannya. Kedua: ukuran Perusahaan terbukti berpengaruh tidak signifikan terhadap penghindaran pajak artinya besar ataupun kecilnya suatu perusahaan tidak mencerminkan nilai perusahaan tersebut secara signifikan. Ketiga: kepemilikan saham terbukti berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, artinya semakin banyak kepemilikan saham publik pada suatu perusahaan maka nilai perusahaan tersebut akan semakin kecil. Keempat: CSR terbukti memoderasi pengaruh dari variabel profitabilitas dan kepemilikan saham perusahaan, sebelum dimoderasi oleh CSR variabel profitabilitas memiliki pengaruh postif signifikan sedangkan setelah dimoderasi oleh CSR Profitabilitas menjadi berpengaruh negatif signifikan sedangkan kepemilikan saham memiliki pengaruh negatif signifikan namun setelah dimoderasi oleh CSR Kepemilikan saham menjadi berpengaruh Positfi signifikan terhadap nilia perusahaan. Sedangkan pada variabel ukuran perusahaan, CSR tidak memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Kata kunci : Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham, Nilai Perusahaan, CSR sebagai Variabel Moderasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2024 02:58
Last Modified: 16 May 2024 02:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33969

Actions (login required)

View Item View Item