PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (ERM), CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), DAN INTELLECTUAL CAPITAL (IC) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Kumalasari, Agatha Ayu (2024) PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (ERM), CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), DAN INTELLECTUAL CAPITAL (IC) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31402000014_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akuntansi_31402000014_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)

Abstract

Nilai perusahaan merupakan harga yang siap dibayarkan oleh calon pembeli ketika perusahaan dijual, kemakmuran yang akan diterima oleh pemilik perusahaan semakin besar apabila nilai perusahaan semakin tinggi. Nilai perusahaan penting karena akan mempengaruhi pandangan investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh Enterprise Risk Management (ERM), Corporate Social Responsibility (CSR), dan Intellectual Capital (IC) terhadap Nilai Perusahaan. Populasi pada penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur sektor barang baku yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2020-2022. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang diperoleh 93 sampel, namun terdapat 20 data outlier sehingga data yang diolah 73 sampel. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan. Data penelitian ini dianalisis menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Enterprise Risk Management (ERM) tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan , Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dan Intellectual Capital (IC) berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan. Keterbatasan penelitian ini adalah variabel ERM,CSR, dan IC hanya mempengaruhi nilai perusahaan sebesar 9,2% serta pengukuran pengungkapan ERM dan CSR berdasarkan scoring dapat bersifat subjektif dari perspektif peneliti. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan atau menambah variabel lain seperti GCG serta dapat menambahkan variabel control seperti ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas ke dalam model, bagi perusahaan dapat memperbaiki kualitas pengungkapan CSR dan ERM serta lebih memaksimalkan nilai IC, bagi investor dapat menjadikan IC sebagai bahan pertimbangan dalam berinvestasi. Kata Kunci : Nilai Perusahaan, Enterprise Risk Management, Corporate Social Responsibility, dan Intellectual Capital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2024 07:31
Last Modified: 15 May 2024 07:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33957

Actions (login required)

View Item View Item