PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, BELANJA MODAL DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN DANA PERIMBANGAN DAN BELANJA RUTIN SEBAGAI VARIABEL KONTROL” (Studi Empiris Pada Pemerintah Kabupaten/Kota se- Jawa Tengah Tahun 2018- 2022)

Salsabila, Amalya Safira (2023) PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, BELANJA MODAL DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN DANA PERIMBANGAN DAN BELANJA RUTIN SEBAGAI VARIABEL KONTROL” (Studi Empiris Pada Pemerintah Kabupaten/Kota se- Jawa Tengah Tahun 2018- 2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31402000026_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31402000026_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah, belanja modal, dan Sistem Pengendalian Internal terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah. Variabel terikat diukur menggunakan rasio efektivitas. Variabel bebas terdiri dari Pendapatan Asli Daerah dihitung menggunakan total Pendapatan Asli Daerah, belanja modal dihitung menggunakan total belanja modal, dan Sistem Pengendalian Internal dengan menggunakan jumlah temuan SPI. Populasi dalam penelitian ini adalah 29 kabupaten dan 5 kota se-provinsi Jawa Tengah Tahun 2018- 2022. Pengambilan sampel menggunakan sensus sampling, yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan APBD dan laporan hasil pemeriksaan dari masing- masing kabupaten/kota. Analisis penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerah dan Sistem Pengendalian Internal berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah. Sedangkan belanja modal berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah. Kata Kunci: Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah, Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal, Sistem Pengendalian Internal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2024 07:21
Last Modified: 15 May 2024 07:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33954

Actions (login required)

View Item View Item