PENGARUH ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE DAN SHARIA COMPLIANCE RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN ( Studi Empiris pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2020-2022)

Farichah, Ani (2023) PENGARUH ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE DAN SHARIA COMPLIANCE RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN ( Studi Empiris pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2020-2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31402000033_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Akuntansi_31402000033_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Tujuan penulisan ini ialah guna menguji dampak (ICG) dan (ISR), serta pengelolaan zakat sebagai faktor independen terhadap performa keuangan sebagai variabel dependen. Variabel ICG dinilai menggunakan 47 indikator, mengikuti prinsip-prinsip tata kelola yang baik secara keseluruhan yang digariskan oleh Komite Nasional Kebijakan Governance. Variabel ISR dinilai menggunakan 48 indikator, mengikuti aturan pengungkapan ISR yang dituangkan dalam publikasi Haniffa (2002) dan Merina dan Verawaty (2016). Variabel zakat ditentukan oleh ada tidaknya penyaluran zakat yang ditunjukkan oleh laporan dana dan pemanfaatan zakat yang disajikan dalam laporan keuangan tahunan. Penulisan ini menerapkan pendekatan seleksi purposif dengan memilih sampel 11 Bank Umum Syariah di Indonesia yang terdaftar di (OJK) selama rentang waktu 2020-2022. Informasi tersebut didapatkan melalui laporan keuangan tahunan, laporan tata kelola perusahaan yang baik, dan laporan keberlanjutan. Data dianalisis melalui IBM SPSS Statistics versi 22. Temuan penulisan menunjukkan bahwa Tata Kelola Perusahaan Islam (Islamic Corporate Governance) memiliki dampak buruk yang signifikan pada performa keuangan bank umum syariah, sedangkan Pelaporan Sosial Islam (Islamic Social Reporting) dan pengelolaan zakat mempunyai pengaruh menguntungkan yang cukup besar pada performa keuangan bank umum syariah. Keyword : Islamic Corporate Governance, Islamic Social Reporting, pengelolaan zakat, kinerja keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2024 06:53
Last Modified: 15 May 2024 06:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33951

Actions (login required)

View Item View Item