PENGARUH ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE, ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN SHARIAH COMPLIANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Terdaftar Di OJK Tahun 2018-2022)

Choiroh, Anis Riska Makrifatul (2024) PENGARUH ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE, ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN SHARIAH COMPLIANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Terdaftar Di OJK Tahun 2018-2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31402000034_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31402000034_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh islamic corporate governance, islamic corporate social responsibility, dan shariah compliance terhadap kinerja keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian menggunakan data sekunder melalui annual report. Populasi dalam penelitian ini yaitu bank umum syariah di Indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada periode 2018-2022. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil teknik tersebut didapatkan data sebesar 50 perbankan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan aplikasi software SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa islamic corporate governance yang diukur menggunakan dewan pengawas syariah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Islamic corporate governance yang diukur menggunakan komite audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Islamic corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Shariah compliance yang diukur menggunakan profit sharing ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Shariah compliance yang diukur menggunakan zakat peroforming ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Kata Kunci : Islamic Corporate Governance, Islamic Corporate Social Responsibility, Shariah Compliance, Dewan Pengawas Syariah, Komite Audit, Profit Sharing Ratio, Zakat Performing Ratio

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2024 06:57
Last Modified: 15 May 2024 06:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33949

Actions (login required)

View Item View Item