HUBUNGAN FUNGSI KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA PUCANG GADING SEMARANG DAN WENING WARDOYO UNGARAN

Wahyudi, Jepri Putra (2023) HUBUNGAN FUNGSI KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA PUCANG GADING SEMARANG DAN WENING WARDOYO UNGARAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
30902000121_fullpdf.pdf

Download (771kB)

Abstract

Latar Belakang: Kualitas hidup lanjut usia (lansia) meruapakan kondisi fungsional lanjut usia yang meliputi kesehatan fisik, psikologis, sosial dan spiritual atau sebagai tahap perkembangan terakhir dari kehidupan manusia yaitu aktivitas sehari-hari. Fungi keluarga dalam kualitas hidup lansia sangat penting untuk meningkatkan suatu kualitas hidup lansia yang lebih baik. Tujuan: penelitian ini untuk menganalisis hubungan fungsi keluarga dengan kualitas hidup lanjut usia di Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Pucang Gading Semarang dan Wening Wardoyo Ungaran. Metode: Penelitian ini meruapakan jenis penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan metode crossection. Sempel yang di ambil dalam penelitian ini sebanyak 100 lansia yang berada di rumah pelayanan lanjut usia pucang gading semarang dan wening wardoyo ungaran. Instrumen untuk mengukur fungsi keluarga dengan kualitas hidup lansia menggunakan kuesioner, Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Gamma. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan Sebagian besar lansia memiliki karakteristik umur 60 – 74 tahun (lanjut usia) sebanyak 66 lansia dengan presentase (66,0%), dengan karakteristik jenis kelamin perempuan 51 lansia dengan presentase (51,0%), dan laki – laki sebanyak 49 lansia dengan presentase (49,0%). Sebagian besar lansia mendapatkan fungsi keluarga sehat dengan kategori tinggi sebanyak 61 lansia, dan kategori rendah, fungsi keluarga kurang sehat dengan kategori tinggi sebanyak 11 lansia, dan kategori rendah sebanyak 13 lansia, dan fungsi keluarga tidak sehat dengan kategori tinggi sebanyak 3 lansia, dan kategori rendah sebanyak 4 lansia. Dari hasil analisis di peroleh nilai p-value (0,00) dengan nilai korelasi (0,755) sangat kuat. Simpulan: Ada hubungan yang sangat kuat antara fungsi keluarga dengan kualiatas hidup lansia Kata Kunci: Fungsi keluarga, kualitas hidup lanisa Daftar Pustaka: 18 (2010 – 2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2024 07:12
Last Modified: 15 May 2024 07:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33945

Actions (login required)

View Item View Item