HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG SENSUS HARIAN MUTU DENGAN PEMENUHAN INDIKATOR MUTU RUANG PERAWATAN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

ARNI, LEFANA TRI (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG SENSUS HARIAN MUTU DENGAN PEMENUHAN INDIKATOR MUTU RUANG PERAWATAN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img]
Preview
Text
30902000130_fullpdf.pdf

Download (940kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Pengetahuan yang baik menunjang tindakan dan keterampilan seseorang dalam melakukan sesuatu, dalam hal ini sensus harian ruang perawatan di setiap bangsal. Pembuatan sensus harian ini terkait dengan indikator mutu tambahan, karena Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang disusun bertujuan untuk memberikan pedoman bagi rumah sakit dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pengawasan dan tanggung jawab atas pelayanan yang diberikan. Tujuan Mengetahui hubungan pengetahuan perawat tentang sensus harian mutu dengan pemenuhan indikator mutu ruang perawatan di rumah sakit islam sultan agung Semarang Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Uji statistik menggunakan uji nonparamatrik, uji korelasi spearman rank rancangan penelitian pengumpulan data kuesioner 84 responden perawat pelaksana. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa ada adanya hubungan antara dua variabel yaitu pengetahuan perawat tentang sensus harian mutu mendapatkan hasil p value atau sig (2-tailed) yaitu .000 atau p value <0,05 sehingga kedua variabel yang telah dilakukan penelitian memiliki hubungan antara keduanya. Sedangkan hasil Correlation Coefficient antara dua variabel tersebut 0,499. Simpulan: Terdapat hubungan pengetahuan perawat tentang sensus harian mutu dengan pemenuhan indikator mutu ruamg perawatan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Kata kunci: pengetahuan perawat tentang sensus harian mutu,pemenuhan indikator mutu Daftar Pustaka: (2017-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2024 07:31
Last Modified: 15 May 2024 07:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33940

Actions (login required)

View Item View Item