PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN SAWO TERHADAP KADAR IL-6 DAN TGF-β JARINGAN KULIT (Studi eksperimental pada tikus putih jantan galur wistar yang dipapar sinar UV)

Safitri, Amalia (2024) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN SAWO TERHADAP KADAR IL-6 DAN TGF-β JARINGAN KULIT (Studi eksperimental pada tikus putih jantan galur wistar yang dipapar sinar UV). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Magister Biomedik_MBK2219010271_fullpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Magister Biomedik_MBK2219010271_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)

Abstract

Latar Belakang: Paparan sinar ultraviolet berlebihan mempengaruhi homeostatis sel dan jaringan yang memberikan efek merusak DNA yang ditandai dengan pembentukan spesies oksigen reaktif (ROS). Inflamasi karena sinar UV merupakan penyebab utama stres oksidatif pada kulit. Penyembuhan luka yang di sebabkan oleh sunburn melalui proses yang kompleks yang terdiri dari infiltrasi sel inflamasi, proliferasi sel, dan fase remodeling jaringan untuk membuat normal kembali integritas dan fungsi kulit, penyembuhan yang cepat dan epitelisasi untuk mencegah infeksi dan meminimalkan komplikasi fungsional dan estetika. peneliti bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian cream ekstrak daun sawo (Manilkara zapota) terhadap kadar IL-6 dan TGF-β pada tikus wistar dengan kondisi sunburn. Metode: Study eksperiment dengan design posh test only control group mengggunakan jumlah hewan coba sebanyak 30 ekor tikus, dibagi secara random menjadi 4 kelompok perlakuan terdiri atas kelompok kontrol, kelompok placebo, kelompok cream daun sawo dosis 25% dan kelompok cream 50%. Jaringan kulit tikus yang terpapar UV dianalisis menggunakan metode ELISA untuk menentukan kadar IL-6 dan TGF-β. Hasil: Tidak terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata kadar IL-6 antar kelompok perlakuan dengan uji beda One way Anova didapatkan nilai p value 0,25 (p<0,05), terdapat perbedaan yang bermakna rata-rata kadar TGF-β tiap kelompok dengan nilai p value 0,005 (P<0,05), cream ekstrak daun Manilkara zapota memberikan pengaruh signifikan terhadap kadar TGF-β pada dosis 50%. Kesimpulan: Pemberian cream ekstrak daun sawo memberikan pengaruh yang bergantung pada dosis terhadap kadar IL-6 dan TGF-β pada jaringan kulit tikus yang terpapar UV. Kata Kunci: Cream ekstrak kulit sawo, IL-6, TGF-β, UV

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 May 2024 07:03
Last Modified: 30 May 2024 07:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33931

Actions (login required)

View Item View Item