PENGARUH PROFITABILITAS,FIRM SIZE, FIRM AGE, LEVERAGE DAN DEFERRED TAX EXPENSE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2020-2022)

Rizqi, Intan Khoirur (2024) PENGARUH PROFITABILITAS,FIRM SIZE, FIRM AGE, LEVERAGE DAN DEFERRED TAX EXPENSE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2020-2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Akuntansi_31402000079_fullpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Akuntansi_31402000079_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji adanya Pengaruh Profitabilitas, Firm Size, Firm Age, Leverage dan Deferred Tax Expense Terhadap Manajemen Laba. populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2020-2022 yang terdapat sebanyak 209 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sampel yang dihasilkan dari metode tersebut sebanyak 97 perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah model regresi linier berganda, yang sudah melalui pengujian analisis asumsi klasik. Berdasarkan hasil dari pengujian menunjukan bahwa profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba, maka semakin tinggi laba yang dihasilkan perusahaan maka manajemen laba yang dilakukan akan tinggi. Firm size memiliki pengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba, maka semakin besar ukuran suatu perusahaan maka akan semakin besar pula manajemen laba yang dilakukan. Firm age memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba, maka semakin tinggi umur suatu perusahaan cenderung akan semakin kecil manajemen laba yang dilakukan. Leverage memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba, maka semakin tinggi hutang suatu perusahaan maka perusahaan cenderung semakin kecil dalam melakukan manajemen laba. Deferred tax expense tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap manajemen laba, maka dapat diartikan bahwa tingginya beban pajak tangguhan perusahaan tidak akan memicu tindakan manajemen laba. Kata kunci : Manajemen Laba, Profitabilitas, Firm Size, Firm Age, Leverage, Deferred Tax Expense

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2024 02:43
Last Modified: 21 May 2024 02:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33917

Actions (login required)

View Item View Item