PENGARUH EKSTRAK TAPAK DARA (Catharanthus roseus) TERHADAP KADAR CASPASE-3 DAN KADAR INTERLEUKIN-6 GINJAL PADA KERACUNAN KADMIUM (Studi Eksperimental in vivo Mencit BalB/C Jantan Diinduksi Cadmium Clorida)

Aini, Qisthy Kurrota (2024) PENGARUH EKSTRAK TAPAK DARA (Catharanthus roseus) TERHADAP KADAR CASPASE-3 DAN KADAR INTERLEUKIN-6 GINJAL PADA KERACUNAN KADMIUM (Studi Eksperimental in vivo Mencit BalB/C Jantan Diinduksi Cadmium Clorida). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Magister Biomedik_MBK2015010183_fullpdf.pdf

Download (985kB) | Preview
[img] Text
Magister Biomedik_MBK2015010183_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)

Abstract

Latar belakang: Akumulasi kadmium dalam tubuh berkontribusi terhadap stress oksidatif memicu kerusakan sel DNA sehingga memicu inflamasi yang ditandai dengan peningkatan sitokin inflamasi, termasuk Interleukin-6 dan berujung pada apoptosis sel termasuk sel pada organ ginjal. Kerusakan sel ginjal meningkatkan kadar caspase-3 sehingga menurunkan fungsi ginjal. Penelitian terdahulu melaporkan antioksidan seperti Tapak dara (Catharanthus roseus) dan vitamin E diketahui dapat menurunkan stres oksidatif. Namun demikian, peran tapak dara dalam menghambat kerusakan ginjal akibat keracunan kadmium yang dilihat dari kadar Caspase-3 dan Interleukin-6 ginjal masih belum dikaji. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pemberian ekstrak tapak dara terhadap kadar Caspase-3 dan Interleukin-6 ginjal pada mencit yang terpapar kadmium Metode : Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimental menggunakan hewan coba dengan metode postest only control group. 20 mencit Balb/C jantan diambil sebagai sampel, dan dibagi menjadi 4 kelompok, KS (pellet dan air), KN(Kadmium IP 4,5mg/kgBB/hari), KP (Kadmium IP 4,5mg/kgBB/hari + vitamin E 50 IU/kgBB/hari), P1 (Kadmium IP 4,5mg/kgBB/hari + ekstrak tapak dara 500 mg/kgBB/hari). Data yang diperlukan dalam studi ini diperoleh melalui uji ELISA, Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan one-way ANOVA dan uji post hoc LSD. Hasil : Pada penelitian ini diperoleh hasil kadar Interleukin-6 pada kelompok perlakuan lebih rendah (59.4±17.9) dari pada kontrol negatif (115.1±5.85), dan kadar Caspase-3 pada kelompok perlakuan (247.1±4.9) lebih rendah dibandingkan kelompok kontrol negatif (271.3±14.2) keduanya memiliki p value <0.05 Kesimpulan: Terdapat pengaruh pemberian ekstrak tapak dara terhadap kadar Caspase 3 dan kadar Interleukin-6 ginjal pada tikus yang terpapar kadmium Kata kunci: Tapak dara, caspase-3, Interleukin-6, kadmium

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 28 May 2024 02:18
Last Modified: 28 May 2024 02:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33911

Actions (login required)

View Item View Item