PENGARUH AKUNTANSI DIGITAL, LITERASI KEUANGAN DAN MODAL SOSIAL TERHADAP KINERJA UKM DENGAN INKLUSI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada UKM di Kabupaten Purbalingga)

Purnama, Wulandira (2023) PENGARUH AKUNTANSI DIGITAL, LITERASI KEUANGAN DAN MODAL SOSIAL TERHADAP KINERJA UKM DENGAN INKLUSI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada UKM di Kabupaten Purbalingga). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Akuntansi_31402000160_fullpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Akuntansi_31402000160_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akuntansi digital, literasi keuangan, dan modal sosial terhadap kinerja UKM dengan inklusi keuangan sebagai variabel moderasi pada sektor kerajinan rambut yang ada di Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif dengan menggunakan data primer. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yakni pelaku Usaha, Kecil, dan Menengah sektor kerajinan rambut yang ada di Kabupaten Purbalingga. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling sebanyak 100 pegawai pada Perusahaan kerajinan rambut yang ada di Kabupaten Purbalingga. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah survey ke lapangan dengan menyebarkan kuesioner ke responden, Data dalam penelitian ini merupakan data primer dengan Teknik analisis data regresi linear berganda atau Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini berdasarkan uji-t menunjukan bahwa akuntansi digital, literasi keuangan, dan modal sosial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja UKM. Berdasarkan uji MRA Inklusi keuangan tidak mampu memoderasi hubungan antara akuntansi digital dengan kinerja UKM. Berdasarkan hasil uji MRA dapat disimpulkan bahwa hubungan antara literasi keuangan dengan kinerja UKM dapat diperkuat dengan adanya inklusi keuangan. Sedangkan berdasarkan hasil uji MRA hubungan antara modal sosial dengan kinerja UKM diperlemah dengan adanya inklusi keuangan. Kata Kunci : Akuntansi Digital, Literasi Keuangan, Modal Sosial, Inklusi Keuangan, Usaha Kecil Menengah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2024 03:30
Last Modified: 29 May 2024 03:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33901

Actions (login required)

View Item View Item