PERAN PELAYANAN DIGITALISASI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN PEMAHAMAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Darmawan, Kacung Alim (2023) PERAN PELAYANAN DIGITALISASI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN PEMAHAMAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Akuntansi_31402000287_fullpdf.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Akuntansi_31402000287_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari adanya pelayanan digitalisasi pajak yang diantaranya e-registration, e-filing dan e-billing terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi serta bertujuan untuk menguji determinan kepatuhan wajib pajak orang pribadi dengan pemahaman penggunaan teknologi sebagai variabel moderasi. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah e-registration, e-filing, e-billing serta pemahaman penggunaan teknologi sebagai variabel moderasi. Pada penelitian ini juga menggunakan analisis linier berganda dengan bantuan alat analisis yaitu aplikasi SPSS. Data yang didapatkan dalam penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner secara online yang ditujukan kepada wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Indramayu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu accidental sampling (sampel acak) sebanyak 150 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan e-registration tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Penerapan e-filing dan e-billing mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Sedangkan interaksi penerapan e-registration, e-filing, e-billing dengan pemahaman penggunaan teknologi tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Kata kunci : e-registration, e-filing, e-billing, pemahaman penggunaan teknologi, kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2024 02:37
Last Modified: 21 May 2024 02:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33898

Actions (login required)

View Item View Item