PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP KETEPAT WAKTUAN PUBLIKASI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Sektor Makanan dan Minuman)

Safitri, Dian (2024) PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP KETEPAT WAKTUAN PUBLIKASI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Sektor Makanan dan Minuman). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Akuntansi_31402000321_fullpdf.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Akuntansi_31402000321_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap ketepatan waktuan publikasi laporan keuangan perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Hasil-hasil penelitian penelitian sebelumnya yang tidak konsisten memotivasi peneliti untuk menguji Kembali faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatwaktuan publikasi laporan keuangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan 96 sempel penelitian perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2022. Sempel diambil dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah logistic regression. Hasil penelitian menunjukan variabel profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketepatwaktuan publikasi laporan keuangan perusahaan. Selanjutnya likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketepatwaktuan publikasi laporan keuangan perusahaan. Kemudian ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap hubungan antara profitabilitas dengan ketepatwaktuan publikasi laporan keuangan. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap hubungan antara likuiditas dengan ketepatan waktu publikasi laporan keuangan. Kata Kunci : Karakteristik perusahaan, ukuran perusahaan, ketepatwaktuan publikasi laporan keuangan, perusahaan sektor makanan dan minuman di BEI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 May 2024 04:24
Last Modified: 20 May 2024 04:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33888

Actions (login required)

View Item View Item