PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, SHARIAH COMPLIANCE, INVESMENT ACCOUNT HOLDER, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Bank Indonesia Periode 2016-2020)

EKA P., ADRIENNE IBTIHAL (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, SHARIAH COMPLIANCE, INVESMENT ACCOUNT HOLDER, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Bank Indonesia Periode 2016-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Akuntansi_31402000344_fullpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Akuntansi_31402000344_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)

Abstract

Untuk menjaga akuntabilitas masyarakat dan Allah SWT, IslamiciSocialiReportingiadalah standar pelaporan kinerja sosial bisnis berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komponen berikut terhadap pelaporan sosial Islami pada bank syariah yang terdaftar di BursaiEfekiIndonesia antara tahun 2016 dan 2020: profitabilitas, leverage, kepatuhan syariah, pemegang rekening investasi, dan ukuran perusahaan. Jumlah sample sebanyak 42 organisasi perbankan untuk penelitian dengan teknik purposive sampling sesuai kriiteria yang berlaku. Data sekunder yang digunakan adalah laporan keuangan tahunan yang mencakup tahun 2016–2020. Statistik deskriptif, uji asumsi tradisional, uji analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis merupakan pendekatan analisis data yang digunakan. Berdasarkan temuan penelitian, pelaporan sosial Islami dipengaruhi secara negatif dan tidak signifikan oleh profitabilitas dan leverage, dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kepatuhan syariah, dan dipengaruhi secara negatif dan signifikan oleh pemegang rekening investasi, pelaporan sosial Islami, dan ukuran perusahaan. memiliki dampak penting dan menguntungkan pada IslamiciSocialiReporting adalah standar pelaporan kinerja sosial bisnis Bank Umum Syariah diharapkan untuk terus memperhatikan dan meningkatkan pengungkapan IslamiciSocialiReporting. Saran lain dalam penelitian ini adalah menggunakan periode setelah bank melakukan merger dan menambahkan variabel tambahan. Investor harus lebih berhati-hati ketika melakukan investasi di bank syariah, dan pihak berwenang diharapkan melakukan hal yang sama secara lebik baik. Kata Kunci : IslamiciSocialiReporting, profitabilitas, leverage dan shariah compliance, investment account holder dan ukuran perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 May 2024 06:28
Last Modified: 20 May 2024 06:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33886

Actions (login required)

View Item View Item