Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, dan Komisaris Independen terhadap Penghindaran Pajak (Studi pada BUMN yang Terdaftar di JII)

Hanartani, Riris (2024) Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, dan Komisaris Independen terhadap Penghindaran Pajak (Studi pada BUMN yang Terdaftar di JII). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Akuntansi_31402100187_fullpdf.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
Akuntansi_31402100187_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengujikan pengaruh profitabilitas, solvabilitas, dan komisaris independen terhadap penghindaran pajak. Profitabilitas diproksikan memakai Return On Asset (ROA), Solvabilitas diproksikan memakai Debt to Equity Ratio (DER), serta penghindaran pajak diproksikan memakai Cash Effective Tax Rate (CETR). Populasi penelitian ini ialah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tercatat di Jakarta Islamic Index (JII) dalam periode 2017-2021. Teknik pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling sehingga diperoleh 36 sampel. Metode yang dipakai saat uji hipotesis ialah analisis regresi linier berganda. Penelitian ini memperoleh hasil jika profitabilitas tidaklah berpengaruh ke penghindaran pajak, solvabilitas berpengaruh positif ke penghindaran pajak, dan komisaris independen tidaklah berpengaruh ke penghindaran pajak. Kata Kunci: Profitabilitas, Solvabilitas, Komisaris Independen, Penghindaran Pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 28 May 2024 02:12
Last Modified: 28 May 2024 02:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33881

Actions (login required)

View Item View Item