ANALISIS YURIDIS PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP PETUGAS FARMASI PENGEDAR OBAT TANPA IZIN USAHA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2009 TENTANG KESEHATAN (Studi Putusan Nomor 165/Pid.Sus/PN. Tjg)

Zhofiriawan, Yudha (2024) ANALISIS YURIDIS PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP PETUGAS FARMASI PENGEDAR OBAT TANPA IZIN USAHA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2009 TENTANG KESEHATAN (Studi Putusan Nomor 165/Pid.Sus/PN. Tjg). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302200577_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302200577_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)

Abstract

Kesehatan merupakan parameter untuk mengukur keberhasilan pembangunan manusia. Tanpa kesehatan manusia tidak akan produktif untuk hidup layak secara ekonomi dan menjalani pendidikan yang baik. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan hukum normatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengkaji dan menganalisis data sekunder dengan bahan hukum primer, sekunder dan tersier dari bahan-bahan pustaka yang berupa literatur dan perundang-undangan. Hasil penelitian ini adalah bahwa pertimbangan hakim dalam memutuskan penerapan sanksi hakim harus bebas dari intervensi dan tekanan dari siapapun, seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 48 tentang Kekuasaan Kehakiman Pasal 3 menentukan bahwa: “Segala campur tangan dalam urusan peradilan oleh pihak lain di luar kekuasaan kehakiman dilarang, kecuali dalam hal-hal sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945”, bahwa Hakim dalam menentukan kesalahan seseorang dan untuk mempertanggungjawabkan pidana kepada si pembuat tindak pidana. Dan terhadap pengendalian peredaran obat yang tidak sah Dampak yang ditimbulkan di antaranya adalah dampak terhadap kesehatan, dampak terhadap psikis, dan dampak terhadap lingkungan sosial. Sedangkan dampak positif yang ditimbulkan dari obat-obatan terlarang hanyalah untuk pengguna itu sendiri, seperti ketenangan sesaat, menghilangkan beban pikiran sesaat, dan hanya untuk kesenangan pengguna itu sendiri. Kata kunci: Penerapan Sanksi, Pengedar Obat. Dan Izin Usaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 May 2024 07:40
Last Modified: 13 May 2024 07:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33868

Actions (login required)

View Item View Item