PEMBERIAN GANTI KERUGIAN TERHADAP HAK ATAS TANAH YANG DIGUNAKAN SEBAGAI JAMINAN UTANG (Studi Kasus Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak)

Rahmawati, Risa Novia (2024) PEMBERIAN GANTI KERUGIAN TERHADAP HAK ATAS TANAH YANG DIGUNAKAN SEBAGAI JAMINAN UTANG (Studi Kasus Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000561_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000561_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)

Abstract

Kegiatan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum Jalan Tol Semarang-Demak tentunya sering menemui hambatan-hambatan seperti perbedaan persepsi antara masyarakat dan pemerintah mengenai mekanisme pemberian ganti kerugian terhadap hak atas tanah yang digunakan sebagai jaminan utang yang membuat pembangunan Jalan Tol Semarang Demak menjadi terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pemberian ganti kerugian khususnya terhadap hak atas tanah yang dijadikan jaminan utang, mengetahui prosedur penghapusan hak tanggungan terhadap hak atas tanah yang dijadikan jaminan utang dan kendala serta solusi dalam Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang Demak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan hukum yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer meliputi observasi dan wawancara. Data sekunder meliputi bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Metode pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi dokumen hukum. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yaitu metode pengolahan data yang dilakukan secara mendalam terhadap hasil data dari wawancara, observasi, atau literatur dengan menjawab pertanyaan yang diajukan selama pengumpulan data. Hasil penelitian yang diperoleh adalah mekanisme pemberian ganti kerugian terhadap bidang tanah yang dijadikan jaminan utang pada proyek pembangunan Jalan Tol Semarang Demak dimulai dengan musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian dengan pihak yang berhak kemudian penitipan uang ganti rugi ke Pengadilan Negeri Demak hingga pemberian uang ganti kerugian setelah pihak yang berhak melunasi utang tersebut. Prosedur penghapusan hak tanggungan yaitu pemohon membuat pengajuan berkas permohonan penghapusan hak tanggungan kemudian pihak dari Kantor Pertanahan setempat memeriksa kelengkapan berkas, apabila berkas sudah lengkap maka pemohon diminta untuk membayar biaya administrasi sesuai dengan ketentuan kemudian pihak dari Kantor Pertanahan melakukan penghapusan hak tanggungan pada sertipikat dan buku tanah. Kendala-kendala pada Pembangunan Jalan Tol Semarang Demak yaitu perbedaan persepsi antara masyarakat dengan pemerintah, masyarakat tidak sepakat dengan besaran nilai ganti kerugian dan adanya tanah musnah. Solusi atas kendala tersebut yaitu melakukan sosialisasi dan membuka forum pertanyaan, melakukan permohonan keberatan besaran ganti rugi sesuai dengan peraturan yang berlaku dan menciptakan payung hukum atas adanya tanah musnah dengan memperhatikan aspek keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakat yang terdampak Pembangunan Jalan Tol Semarang Demak. Kata Kunci : Ganti Rugi, Hak Atas Tanah, Jaminan Utang, Tol Semarang-Demak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 May 2024 07:29
Last Modified: 13 May 2024 07:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33866

Actions (login required)

View Item View Item