PERAN DIGITAL MARKETING DAN ORIENTASI PASAR DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN BERBASIS KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada UM Fashion di Kota Semarang)

Saputro, Fuad Bayu (2024) PERAN DIGITAL MARKETING DAN ORIENTASI PASAR DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN BERBASIS KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada UM Fashion di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Manajemen_30401700082_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Manajemen_30401700082_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh digital marketing dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran UM Fashion di Kota Semarang. Oleh karena, itu manfaat penelitian ini dapat membantu UM Fashion di Kota Semarang menemukan dan mengimplementasikan faktor-faktor yang dapat meningkatakan kinerja pemasaran sehingga kondisi UM Fashion di Kota Semarang terus berkembang. Jenis penelitian menggunakan metode Explanatory Researh. Sampel yang digunakan pedagang UM Fashion di Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner dan observasi. Sumber data bersumber dari data primer dan data skunder. Tahapan analisis data yaitu Uji validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi klasik, Regresi linear berganda, Uji t, Uji f dan Pengujian Koefisien Determinan (R2). Hasil penelitian diperoleh bahwa digital marketing tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. keunggulan bersaing, digital marketing dan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. hasil sobel, disimpulkan bahwa keunggulan bersaing tidak mampu memediasi pengaruh digital marketing dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Implikasi dapat menambah kajian tentang variable/factor yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja pemasaran bagi UM di Indonesia khususnya kota Semarang. Kata kunci: digital marketing, orientasi pasar, keunggulan bersaing, kinerja pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 May 2024 07:31
Last Modified: 13 May 2024 07:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33863

Actions (login required)

View Item View Item