PERAN KEPOLISIAN DALAM PENYIDIKAN KASUS KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENGAKIBATKAN LUKA BERAT DAN KEMATIAN DI SATUAN LALU LINTAS POLRES REMBANG (Studi Kasus di Satuan Lalu Lintas Polres Rembang)

Ramadhani, Desty Ayu (2023) PERAN KEPOLISIAN DALAM PENYIDIKAN KASUS KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENGAKIBATKAN LUKA BERAT DAN KEMATIAN DI SATUAN LALU LINTAS POLRES REMBANG (Studi Kasus di Satuan Lalu Lintas Polres Rembang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000499_fullpdf.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000499_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)

Abstract

Peran Kepolisian Dalam Penyidikan Kasus Kecelakaan Lalu Lintas Yang Mengakibatkan Luka Berat Dan Kematian di Satuan Lalu Lintas Polres Rembang (Studi Kasus Di Satuan Lalu Lintas Polres Rembang) dengan latar belakang kecelakaan lalu lintas di jalan raya pasti memiliki konsekuensi hukum bagi para pengemudi kendaraan bahkan para pengguna jalan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai peran kepolisian, kendala, dan solusi dalam penyidikan kasus kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan luka berat dan kematian. Metode penelitian yang digunakan penulis ialah pendekatan yuridis sosiologis yaitu pendekatan dengan pemaparan suatu pernyataan yang ada dilapangan berdasarkan asas hukum, kaidah hukum, atau perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan permasalahan yang dikaji. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui tahapan wawancara dan studi kepustakaan yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran kepolisian dalam penyidikan kasus kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan luka berat dan kematian ialah mulai dari penerimaan laporan, evakuasi korban dan kendaraan, olah TKP, pendataan para korban, meminta keterangan dari para saksi yang kemudian dituangkan dalam bentuk laporan polisi. Adapun kendala yang dihadapi oleh pihak kepolisian adalah kesulitan dalam pemanggilan atau menghadirkan saksi, kurangnya kerjasama polisi lalu lintas dengan masyarakat yang berkaitan dengan kecelakaan lalu lintas. Sedangkan Solusi yang dilakukan oleh pihak kepolisian dalam menghadapi kendala atau hambatan adalah melakukan evaluasi bersama lima (5) pilar keselamatan lalu lintas, dan melakukan pembinaan lalu lintas dan angkutan jalan. Kata Kunci: Kepolisian, Kecelakaan, Lalu Lintas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 May 2024 07:10
Last Modified: 13 May 2024 07:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33848

Actions (login required)

View Item View Item