PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KANKER SERVIKS TERHADAP MOTIVASI MELAKUKAN DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DAN VAKSINASI HPV PADA PEREMPUAN USIA SUBUR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANDARHARJO KOTA SEMARANG

Ameliya, Nisa (2024) PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KANKER SERVIKS TERHADAP MOTIVASI MELAKUKAN DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DAN VAKSINASI HPV PADA PEREMPUAN USIA SUBUR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANDARHARJO KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
30902000164_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Skrining pada kanker serviks di Indonesia sangat sedikit. Dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang deteksi dini kanker serviks pada perempuan Indonesia. Penyebab utama kanker serviks adalah infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Lebih dari 90% kanker mulut rahim ini adalah jenis skuamosa yang mengandung Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) virus Human Papilloma Virus (HPV). Pengetahuan dan Sikap yang baik akan membentuk motivasi yang mendukung untuk melakukan deteksi dini dan vaksinasi HPV Tujuan : Mengetahui pengetahuan dan sikap tentang kanker serviks terhadap motivasi melakukan deteksi dini kanker serviks dan vaksinasi HPV pada PUS di wilyah kerja Puskesmas Bandarharjo Kota Semarang Metode : Jenis penelitiaan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah perempuan usia subur di wilayah Puskesmas Bandarharjo Semarang. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 128 responden. Uji korelasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji spearmen rank Hasil : Hasil penelitian menggunakan analisis spearmen rank, terbukti bahwa p value = 0,00 (p<0,5). Hal ini berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang kanker serviks terhadap motivasi melakukan deteksi dini kanker serviks dan vaksinasi HPV. Hal ini berarti juga bahwa ada hubungan yang signifikan antara sikap terhadap motivasi melakukan deteksi dini kanker serviks dan vaksinasi HPV. Tanda positif tersebut menunjukkan arah korelasi sama, yang artinya semakin rendah pengetahuan dan sikap maka semakin menurun motivasi terhadap melakukan deteksi dini kanker serviks dan vaksinasi HPV dan sebaliknya semakin tinggi tingkat pengetahuan dan sikap maka semakin tinggi motivasi terhadap melakukan deteksi dini kanker serviks dan vaksinasi HPV. Simpulan : Dari hasil penelitian yang didapatkan kebanyakan responden memiliki tingkat pengetahuan sedang. Sebagian besar responden memiliki sikap siap dan Sebagian besar responden memiliki motivasi tinggi untuk melakukan deteksi dini kanker serviks dan vaksinasi HPV. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dan sikap terhadap motivasi melakukan deteksi dini kanker serviks dan vaksinasi HPV. Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Motivasi, Deteksi dini kanker serviks, Vaksinasi HPV Daftar Pustaka : 63 (2015-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 May 2024 07:57
Last Modified: 13 May 2024 07:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33833

Actions (login required)

View Item View Item